Kompas TV regional berita daerah

Strategi Pemkab Jember Menekan Laju Inflasi Kenaikan Harga BBM (1)

Kompas.tv - 5 November 2022, 12:45 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Dampak kenaikan BBM memicu inflasi di seluruh daerah, tak terkecuali di Kabupaten Jember Jawa Timur. Pemkab Jember berupaya sebaik mungkin untuk menekan laju inflasi dengan menggerakkan seluruh potensi yang ada di Kabupaten Jember, seperti UMKM.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan bahwa kenaikan harga BBM pada 3 September lalu merupakan kebijakan pemerintah pusat yang tidak bisa dihindari. Tugas Pemerintah selanjutnya mendorong agar daya beli masyarakat meningkat sehingga laju inflasi dapat ditekan.

“Harga BBM naik, tidak jadi masalah, yang penting masyarakat mampu membelinya, sehingga yang terpenting saat ini menjaga daya beli masyarakat,” ujar Hendy Siswanto pada acara SAPA JEMBER di KompasTV Jember, pada Sabtu (5/11/2022).  

Pemkab Jember sendiri memiliki strategi untuk meningkatkan daya beli masyarakat, yakni dengan cara menggalakkan kegiatan atau event yang melibatkan masyarakat, seperti pelaku UMKM, sehingga ekonomi masyarakat terus berputar.

Selanjutnya, Pemkab Jember juga membuat program J-HUR (Jember Hadir Untuk Rakyat) yang didalamnya ada Jember Berbagi. Dalam kegiatan itu, pemerintah membagikan bantuan dari APBD untuk masyarakat. “Bantuan itu untuk menstimulasi agar daya beli masyarakat tetap bertahan di tengah inflasi,” ujar Hendy Siswanto.

Baca Juga: Pemkab Jember Berhasil Menekan Inflasi Hingga Terima DID 10 Miliar, Ini Strateginya (2)

Pemkab Jember sendiri membagikan bantuan langsung tunai kepada 64 ribu kepala keluarga. Dari bantuan berasal dari APBD Jember dan DBHCHT (dana bagi hasil cukai hasil tembakau).

Selain itu, 260 ribu masyarakat jember juga mendapatkan bantuan langsung tunai dari Pemerintah Pusat, yang dibagikan melalui kantor pos

Setiap orang mendapatkan 300 ribu rupiah bantuan langsung tunai. Dengan bantuan itu diharapkan ada stimulus untuk meningkatkan daya beli masyarakat.   

Untuk mengetahui lebih banyak bagaimana strategi Pemkab Jember mengendalikan laju inflasi, simak videonya di channel youtube KompasTV Jember.

 

#Inflasi #HargaBBMNaik #PemkabJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x