Kompas TV nasional update

Sinyal TV Analog Dimatikan Malam Ini, Ada Warga Jakarta Belum dapat STB

Kompas.tv - 2 November 2022, 18:48 WIB
sinyal-tv-analog-dimatikan-malam-ini-ada-warga-jakarta-belum-dapat-stb
Bantuan set top box (STB) gratis dari kominfo akan disalurkan sebentar lagi. (Sumber: Kominfo.go.id)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah warga Jakarta masih belum mendapat alat set-top-box (STB) jelang dimatikannya sinyal TV analog malam ini, Rabu (2/11/2022).

Salah satunya Sabtiyah, warga kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Ia menyayangkan keterbatasan informasi terkait pemberian STB gratis dari pemerintah jelang peralihan ke TV digital.

"Saya sih belum dapat kabar. Untuk di RT, dekat rumah ibu saya sudah dapat, kebetulan orang tua sudah dapat untuk TV digital itu," kata Sabtiyah.

Kendati ibunya sudah dapat, keluarga Sabtiyah justru belum mendapatkan alat yang menunjang operasional TV digital itu.

Ia yang telah lama menggunakan televisi analog berharap, "setelah beralih ke digital, siarannya makin lengkap."

Baca Juga: Begini Cara Aman untuk Membeli Set Top Box atau STB TV Digital

Sebelumnya diwartakan oleh KOMPAS.TV, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal menyetop siaran TV analog atau analog switch off hari ini, Rabu (2/11) mulai pukul 24.00 WIB

Dalam proses migrasi, pemerintah menyediakan STB gratis untuk warga kurang mampu. Menukil laporan Kompas.com, pemerintah telah mendistribusikan sejumlah 1.055.360 unit STB secara nasional per Senin (31/10).

Untuk wilayah Jabodetabek, distribusi STB mencapai 473.308 unit STB (98,7 persen) dari target 479.307 unit STB. Sebanyak 60.791 rumah tangga mampu tidak memenuhi kriteria atau gagal serah.

Bagi masyarakat yang hendak bertanya terkait migrasi siaran TV analog ke digital ini, Kominfo menyediakan kontak layanan via chatbot WhatsApp dengan nomor 08118202208.

Baca Juga: Pemerintah Bagikan 3 Juta STB Untuk Warga


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x