Kompas TV feature news or hoax

Hoax Video Jembatan Ambruk Di Kandangan - NEWS OR HOAX

Selasa, 1 November 2022 | 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar video sebuah jembatan ambruk di tengah bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, jembatan ambruk tersebut diklaim berlokasi di kandangan/ kabupaten kediri jawa timur, yang merupakan jembatan penghubung dengan pare seperti yang tertulis pada narasi di video.

Namun setelah di cek kebenaran informasinya/ narasi yang beredar pada video adalah tidak benar atau hoaks. Video jembatan ambruk tersebut identik dengan video pada pemberitaan tribunnews pada 5 april lalu, pada keterangannya dijelaskan bahwa jembatan dalam video merupakan jembatan lama Kambaniru Kabupaten Sumba Timur, NTT yang ambruk pada 4 April 2021 lalu.

Jembatan tersebut sudah lama tidak digunakan, “jembatan ini sudah lama di bangun dan diresmikan sekitar tahun 1965 lalu” ujar Sekretaris Dinas Pups Kabupaten Sumba Timur, Andreas Mulla yang dikutip dari tribunnews tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Kandangan Inspektur Satu Wahyu Hadriyadi memastikan bahwa jembatan kandangan yang berdiri di atas kali konto terpantau aman, “ video-video lain yang beredar itu hoaks” ujar iptu wahyu kepada kompas dot com/ 19 oktober lalu.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x