Kompas TV internasional kompas dunia

Hong Kong Sita 1,8 ton Metamfetamin Cair Senilai Rp2 Triliun Asal Meksiko Tujuan Australia

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 00:05 WIB
hong-kong-sita-1-8-ton-metamfetamin-cair-senilai-rp2-triliun-asal-meksiko-tujuan-australia
Hong Kong melakukan penangkapan dan penyitaan metamfetamin terbesar setelah mengungkap pengiriman yang tiba dari Meksiko menuju Australia senilai lebih dari HK$1 miliar atau setara hampir 2 triliun rupiah, kata pihak berwenang Hong Kong, Sabtu, (29/10/2022) (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

HONG KONG, KOMPAS.TV - Hong Kong melakukan penangkapan dan penyitaan metamfetamin terbesar setelah mengungkap pengiriman yang tiba dari Meksiko menuju Australia senilai lebih dari 1 miliar dolar Hong Kong atau setara hampir Rp2 triliun, kata pihak berwenang Hong Kong, Sabtu (29/10/2022), seperti laporan Straits Times.

Petugas bea cukai Hong Kong menemukan 1,8 ton metamfetamin cair dengan tingkat kemurnian paling tinggi yang disembunyikan di dalam karton berisi air kelapa dalam perjalanan ke Australia.

Pengiriman itu, yang menurut para pejabat kemungkinan melibatkan jaringan perdagangan narkoba internasional ukuran besar, terjadi saat China mencatat peningkatan penangkapan narkoba yang melibatkan metamfetamin.

“Kami percaya metamfetamin cair dengan tingkat kemurnian tinggi itu berasal dari Amerika Selatan, dikemas di sana dan dikirim melalui rute yang berbelit-belit ke Hong Kong, untuk dikirim ke Australia,” kata inspektur senior Lee Ka-ming, kepala biro investigasi narkoba di bea cukai Hong Kong.

Sejauh ini dilaporkan belum ada penangkapan yang dilakukan. Metamfetamin tingkat kemurnian tinggi ini di Indonesia biasa diolah menjadi narkotika jenis sabu.

Pada tahun ini Hong Kong menyita lebih dari dua kali lipat metamfetamin yang disita sepanjang tahun lalu, dengan total hampir tiga ton disita oleh pihak berwenang.

Baca Juga: Geger, PBB Sebut Asia Tenggara dan Asia Timur Produksi 1 Miliar Tablet Metamfetamin Tahun Lalu

Ilustrasi - Petugas kepolisian menunjukkan barang bukti narkotika jenis Sabu. Hong Kong melakukan penangkapan dan penyitaan metamfetamin terbesar setelah mengungkap pengiriman yang tiba dari Meksiko menuju Australia senilai lebih dari 1 miliar dolar Hong Kong atau setara hampir Rp2 triliun, kata pihak berwenang Hong Kong, Sabtu (29/10/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

Penggerebekan terakhir terjadi beberapa hari setelah penegak hukum menyita sabu senilai USD5,9 juta atau setara Rp92 miliar yang disembunyikan di trafo listrik, yang juga menuju Australia.

Pihak berwenang Hong Kong mendapat peringatan melalui pertukaran intelijen dengan penegak hukum di luar negeri tentang kemungkinan pengiriman metamfetamin dalam jumlah besar yang tiba di kota itu, kata pejabat bea cukai Fong Heung-wing kepada wartawan.

"Air kelapa (pengiriman) dari Meksiko sangat langka. Terakhir kali tahun 2016 dan beratnya hanya enam kilogram," kata Fong, menambahkan ukuran pengiriman juga membuatnya curiga.

Selundupan, senilai sekitar 1,1 miliar dolar Hong Kong yang setara hampir Rp2 triliun itu ditemukan di antara barang-barang lain dalam kontainer kargo melalui identifikasi menggunakan sinar-X Minggu lalu.

Para pejabat mengatakan pencarian online untuk lokasi penerima kiriman, sebuah perusahaan Australia, tidak ditemukan.

Penggerebekan sabu terbesar sebelumnya di Hong Kong terjadi pada bulan April ketika para pejabat menemukan 700 kilogram sabu yang disembunyikan di peralatan industri dari Meksiko.

 



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x