Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Tertinggi di Survei Litbang Kompas, Pengamat: PDIP Pasti Realistis Demi Hattrick 2024

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 14:31 WIB
ganjar-tertinggi-di-survei-litbang-kompas-pengamat-pdip-pasti-realistis-demi-hattrick-2024
Foto arsip Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP Ganjar Pranowo. Ganjar tertinggi sebagai capres 2024 dalam Survei Litbang Kompas yang dirilis pada hari ini, Rabu (16/10/2022) (Sumber: Kompas/A Hendra Setiawan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Paremeter Politik Indonesia, Adi Prayitno, meyakini PDI Perjuangan (PDIP) bakal realistis mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Hal ini, kata Adi, bisa dilihat dari Hasil Survei Litbang Kompas Oktober 2022 yang dirilis pada hari ini, Rabu (26/10/2022) dan menempatkan Ganjar di posisi teratas elektabilitas, siap bersaing dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.  

Bagi Adi, hasil ini kian meneguhkan persaingan tiga tokoh tersebut, seraya membuat PDIP rasional soal capres.

Meskipun saat ini elit PDIP disebut lebih condong ke Puan, pada akhirnya nanti menurut Adi bakal tetap realistis calonkan Ganjar sebagai capres di 2024.  

"Ketiga tokoh ini langganan top three survei. Teratas Ganjar, disusul Prabowo, lalu Anies Baswedan. Sudah lama ketiganya masuk radar survei yang punya penetrasi dan penerimaan publik yang memadai," paparnya saat dihubungi KOMPAS.TV, Rabu (26/10).

"Ganjar misalnya dinilai publik sebagai representasi kubu pemerintah saat ini. Sementara Anies sebaliknya dianggap sebagai replika kubu oposisi. Sedangkan Prabowo dikenal publik karena investasi politiknya yang cukup panjang sejak pemilu 2009 lalu, yang juga bagian pemerintah," sambung Adi.

Baca Juga: Sama-sama Naik, Ini Elektabilitas Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

Menurutnya, tiga tokoh ini tiinggal mencari tiket partai untuk mendaftar ke KPU dan itu disebut bukan perkara mudah. 

"Dari segi PDIP misalnya, the end of the day nya pasti realistis akan usung capres yang potensial menang. Tentu demi memenuhi hasrat hattrick di 2024," jelasnya. 

"Dalam konteks ini Ganjar punya kesempatan diusung karena punya elektabilitas memadai," sambungnya. 


 

Ia lantas menilai, rasionalitas itu bakal terlihat meskipun di level elit, PDIP terlihat solid dukung Puan. 

"Sementara dari segi elit PDIP punya peluang maju karena sampai saat ini dukungan elit PDIP solid ke Puan," tutupnya. 

Baca Juga: Hasil Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo- Anies Bersaing Ketat

Seperti diketahui, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kian mengalami tren yang positif. 

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas Oktober 2022, politikus PDIP itu menempati posisi teratas dari sejumlah bakal capres yang digadang-gadang akan maju di Pilpres 2024 mendatang. 

Dilansir dari Kompas.id, Rabu (26/10), potensi keterpilihan Ganjar ada di 23,2 persen, diikuti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 17,6 persen, dan selanjutnya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 16,5 persen.

Sementara, dalam survei Juni 2022, Prabowo di puncak perolehan suara dengan 25,3 persen, disusul Ganjar 22 persen, dan Anies 12,6 persen.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x