Kompas TV nasional kesehatan

Presiden Jokowi Beri Empat Arahan Penanganan Gagal Ginjal Akut: Jangan Anggap Ini Masalah Kecil

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 23:12 WIB
presiden-jokowi-beri-empat-arahan-penanganan-gagal-ginjal-akut-jangan-anggap-ini-masalah-kecil
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi empat arahan kepada jajarannya untuk menanggulangi kasus gagal ginjal akut pada anak dalam Rapat Penanganan Gagal Ginjal Akut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan kepada jajarannya untuk menanggulangi kasus gagal ginjal akut pada anak yang telah menjangkiti setidaknya 245 anak per Minggu (23/10/2022).

“Jangan menganggap ini masalah kecil. Ini adalah masalah besar,” tegas Presiden Jokowi pada Rapat Penanganan Gagal Ginjal Akut di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Terdampat empat arahan yang disampaikan Jokowi kepada para menteri terkait dalam penanganan gagal ginjal akut.

Pertama, Presiden Jokowi memerintahkan para menteri dan jajarannya untuk mengutamakan keselamatan masyarakat. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin diperintahkan untuk menyetop sementara obat sirop yang diduga jadi penyebab penyakit gagal ginjal anak tersebut.

“Saya hari Minggu sudah menyampaikan pada Menkes untuk sementara obat yang diduga, meskipun masih diduga, itu dihentikan terlebih dahulu, menunggu investigasi secara menyeluruh dari BPOM (Badan Pegawas Obat dan Makanan) pada seluruh obat sirop yang menggunakan bahan baku pelarut,” ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Arahkan Pemerintah Beri Pengobatan Gratis Pasien Gagal Ginjal Akut pada Anak

Kedua, Jokowi memerintahkan BPOM untuk segera menarik dan menghentikan peredaran obat sirop yang terbukti mengandung bahan penyebab gagal ginjal pada anak.

“BPOM segera tarik dan hentikan peredaran obat sirop yang betul-betul secara evidence based betul-betul terbukti mengandung bahan obat penyebab gangguan ginjal tersebut,” jelas Presiden Jokowi.


Baca Juga: Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Akut, BPOM Pastikan 23 Merek Obat Sirop Anak Ini Aman

Bahkan, mantan Wali Kota Solo itu juga meminta BPOM mengumumkan nama produk atau merek obat sirop yang dinyatakan tidak aman.

“Saya kira akan lebih bagus lagi kalau diumumkan, diinformasikan secara luas mengenai nama produknya,” imbuhnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x