Kompas TV nasional kesehatan

Marak Kasus Gagal Ginjal, Erick Thohir Minta BUMN Farmasi dan RS BUMN Cek Ulang Seluruh Obat

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 06:00 WIB
marak-kasus-gagal-ginjal-erick-thohir-minta-bumn-farmasi-dan-rs-bumn-cek-ulang-seluruh-obat
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan kepada BUMN farmasi serta Rumah Sakit (RS) milik BUMN, untuk memeriksa ulang ketentuan obat-obatan menyusul munculnya kasus gangguan ginjal akut misterius (Acute Kidney Injury/AKI). (Sumber: Dok. Kementerian BUMN )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan kepada BUMN farmasi serta Rumah Sakit (RS) milik BUMN, untuk memeriksa ulang ketentuan obat-obatan menyusul munculnya kasus gangguan ginjal akut misterius (Acute Kidney Injury/AKI).

Erick Thohir menegaskan, keamanan dan keselamatan masyarakat harus menjadi prioritas utama dalam layanan kesehatan di BUMN.

"Saya sudah meminta Kimia Farma sejak awal untuk mengecek obat-obatan, tidak hanya obat batuk, tapi obat-obatan yang lain yang memang harus aman dan sesuai," kata Erick Thohir kepada wartawan akhir pekan lalu, seperti dikutip dari Antara, Senin (24/10/2022).

Baca Juga: Obat Gagal Ginjal Bantuan Australia-Singapura Sudah Sampai di RI, Harganya Rp16 Juta untuk 1 Orang

BUMN, lanjut Erick, harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan. Ia tidak ingin BUMN ada pemikiran meraih keuntungan dalam situasi yang terjadi saat ini, seperti halnya saat pandemi.

"Kita harus berbicara tentang keselamatan karena itu saya minta Kimia Farma benar-benar menjaga supaya jangan sampai ketika masyarakat yang hari ini lagi susah ditambah lagi terbebani dengan isu-isu obat yang bahkan merenggut nyawa masa depan anak-anak Indonesia," tuturnya. 

Erick menyampaikan, pihaknya terus mendorong Kimia Farma, Indofarma, RS BUMN, dan apotek-apotek Kimia Farma untuk menyortir jenis-jenis obat yang belum ada pernyataan aman.

Baca Juga: Apotek Kimia Farma Hentikan Sementara Penjualan Obat Cair

Pasalnya, upaya pencegahan secara maksimal adalah bentuk konkret dari rasa keprihatinan yang terjadi akibat meninggalnya sejumlah anak-anak Indonesia.

"Itu harus kita siapkan secara menyeluruh," ucapnya. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x