Kompas TV nasional politik

GP Mania Nilai SP untuk Anggota Dewan Kolonel Semacam Dukungan Halus Ketum Megawati ke Ganjar

Kompas.tv - 23 Oktober 2022, 06:30 WIB
gp-mania-nilai-sp-untuk-anggota-dewan-kolonel-semacam-dukungan-halus-ketum-megawati-ke-ganjar
Ketua Relawan Ganjar Immanuel Ebenezer. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Bidang Kehormatan PDI Perjuangan mengeluarkan Surat Peringatan (SP) kepada para kader penggagas Dewan Kolonel yang mendukung Puan Maharani untuk menjadi capres.

SP 3 tersebut ditandatangani oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto serta Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI-P Komarudin Watubun dan diterbitkan pada awal Oktober 2022. 

Ketua Relawan Ganjar Pranowo (GP Mania) Immanuel Ebenezer menilai, dikeluarkanya SP bagi anggota fraksi PDIP yang ikut dalam Dewan Kolonel sebagai tanda dukungan secara halus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Siap Nyapres di 2024, Pengamat Nilai Jadi Sinyal PDIP untuk Bentuk Koalisi

Sebab, Imanuel yang juga penggagas Dewan Kopral tidak mendapatkan teguran dari DPP PDIP, terkait keberadaan Dewan Kopral.

"Artinya, kita Dewan Kopral memenangkan sebuah momentum politik, dan moral. Karena yang ditegur Dewan Kolonel, kita tidak," ujar Noel, Sabtu (22/10/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Noel menambahkan SP DPP PDIP kepada sejumlah kadernya yang tergabung dalam Dewan Kolonel menyiratkan pesan politik khusus.

Menurutnya ada semacam perubahan sikap kader elite PDIP untuk tidak lagi menyerang Ganjar Pranowo dengan narasi negatif. Perubahan sikap ini, sambung Noel, terjadi karena ada konsolidasi internal.

Baca Juga: Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto Sebut Megawati Kaget soal Pembentukan 'Dewan Kolonel' Puan

"Ini jelas (pesan) bahwa jangan lagi manuver-manuver berkaitan dengan sikap sinis pada Mas Ganjar karena ini merusak konsilidasi, soliditas, dan marwah Mas Ganjar sebagai calon presiden dari PDIP," ujar Noel.

"Yang kedua, saya melihat ada semacam dukungan halus yang diberikan Megawati pada Mas Ganjar," imbuhnya. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x