Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Siap Nyapres di 2024, Pengamat Nilai Jadi Sinyal PDIP untuk Bentuk Koalisi

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 08:22 WIB
ganjar-siap-nyapres-di-2024-pengamat-nilai-jadi-sinyal-pdip-untuk-bentuk-koalisi
Pernyataan Ganjar siap nyapres di 2024 dinilai pengamat jadi sinyal PDIP untuk bentuk koalisi
(Sumber: Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti
Pernyataan Ganjar siap nyapres di 2024 dinilai pengamat jadi sinyal PDIP untuk bentuk koalisi
(Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS TV - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Aditya Perdana menilai pernyataan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyatakan siap maju sebagai capres di Pilpres 2024 adalah sebuah kode dari PDIP kepada partai politik (parpol) untuk segera membentuk koalisi menyongsong pesta demokrasi mendatang. 

Baca Juga: Usai Bilang Siap Nyapres di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo: Prerogatif Ketum Bu Mega

Diketahui, Ganjar dalam wawancara dengan salah satu media nasional menyatakan bersedia maju sebagai capres dalam pesta demokrasi nanti. 

"Pernyataan Ganjar ini adalah sinyal, bukan hanya dari pribadi Ganjar melainkan kode yang sedang dipersiapkan oleh PDI Perjuangan untuk segera membentuk koalisi pencapresan," kata Aditya seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/10/2022). 

Terkait pembentukan koalisi, dia mengatakan PDIP akan membentuk koalisi dengan beberapa partai yang sudah berpengalaman dalam ritme kerja pemerintahan Jokowi.

 "PDIP tidak akan melakukan pencalonan sendiri," ujarnya.

Ia menjelaskan pernyataan Ganjar itu juga memberikan informasi ke publik bahwa di internal PDIP sedang terjadi pergejolakan ihwal sosok yang akan diusung di Pilpres 2024. 


 

Menurut dia, bila partai berlambang kepala banteng moncong putih itu mengusung Ganjar akan mudah meraih kemenangan di Pileg 2024 nanti. 

Apabila PDIP memaksakan diri mengusung capres dengan elektabilitas dan popularitas yang rendah, niscaya kemenangan tiga periode berturut-turut tidak akan mudah dicapai.

"Pernyataan kesiapan Ganjar mungkin dapat diinterpretasikan sebagai kode awal dari PDIP," ujarnya.

Selain itu kata dia, isyarat Ganjar itu seakan-akan merespons dari deklarasi capres Anies Baswedan oleh Nasdem.

Sebelumnya, Ganjar menyatakan, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ihwal sosok capres yang akan diusung oleh partai berlambang kepala banteng moncong putih itu di Pilpres 2024 mendatang. 

Diketahui, Ganjar dalam wawancara dengan salah satu media nasional menyatakan bersedia maju sebagai capres dalam pesta demokrasi nanti. 

"Untuk PDI Perjuangan hal itu menjadi prerogatif Ketum Bu Mega," kata Ganjar seperti dikutip dari TribunJateng.com, Rabu (19/10/2022). 

Ia mengaku akan tetap berkonsentrasi mengurus Jawa Tengah.

Ada banyak pekerjaan yang kini sedang menjadi fokus perhatiannya. 

Baca Juga: Nasdem: Anies dan Ganjar adalah Putra Terbaik Bangsa yang Pantas Menjadi Pemimpin Indonesia

Di antaranya seperti kesiagaan tanggap bencana, penanganan inflasi, menyiapkan tanaman pangan pendamping padi untuk ketahanan pangan, serta mendorong Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) agar segera bekerja mengantisipasi situasi global yang masih belum baik.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x