Kompas TV regional sosial

Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Gibran Bakal Bertemu di Solo saat Sumpah Pemuda, Ada Agenda Apa?

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 03:05 WIB
ridwan-kamil-ganjar-pranowo-dan-gibran-bakal-bertemu-di-solo-saat-sumpah-pemuda-ada-agenda-apa
Foto arsip. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam jamuan makan malam bersama perwakilan KTT Y20 di Gedung Sate Kota Bandung, Kamis (21/7/2022). Ridwan Kamil bakal kembali lagi menjadi salah satu pembicara talkshow di Y20 saat Kota Solo menjadi tuan rumah, 28 Oktober mendatang. (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Gading Persada | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Tiga kepala daerah di Pulau Jawa, yakni Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), dan tuan rumah Gibran Rakabuming Raka (Walikota Solo) akan bertemu di Kota Solo bertepatan dengan momentum Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022. 

Bertemunya RK, Ganjar, dan Gibran juga sekaligus dalam KTT Youth 20 (Y20) sebagai kegiatan lanjutan usai deklarasi pemuda G20 pada KTT Y20 Indonesia yang sudah dilaksanakan di Jakarta dan Bandung, Juli lalu.

Berlangsung di Kota Solo, 28 sampai 30 Oktober dan bertajuk 'Gaung Muda Indonesia' ini mendapat apresiasi positif dari Gibran.

Ia berharap, Y20 di Solo bisa menjadi momen bersejarah bagi pemuda di Indonesia. Bahkan putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga meyakini kehadiran Y20 di Solo akan memberikan para pemuda Indonesia kesempatan mengembangkan gagasan yang relevan, baik di forum global dan dalam konteks lokal kedaerahan.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Saya Pastikan Communique Y20 akan Disampaikan kepada Pak Jokowi

“Kami senang bisa menjadi tuan rumah kegiatan pertemuan pemuda nasional. Solo siap menyambut hangat kehadiran para pemuda Indonesia yang akan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia di Surakarta melalui ide dan gagasan baru yang perlu didengarkan oleh para pemimpin negeri,” ujar Gibran saat konferensi pers Y20 Indonesia di Gedung Balai Kota Solo, Kamis (20/10/2022) seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KOMPAS.TV.

Ia juga berharap agar pemuda Indonesia berlaku proaktif dan mengambil peran lebih untuk memanfaatkan momentum kepemimpinan Indonesia di forum besar dunia G20 ini.

“Kepemimpinan Indonesia di G20 adalah momen bersejarah di mana mata dunia tertuju pada Indonesia. Dalam momen sejarah ini, pemuda Indonesia harus menjadi penggerak utama sejarah bangsa,” tambah Gibran.


 

Selain Gibran, rencananya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengisi talkshow khusus bertemakan “Enhancing the Role of Young Leaders”.

Ketiga kepala daerah ini  akan membagikan perspektif dan pengalaman kepemimpinannya.

“Kehadiran tokoh-tokoh di seluruh rangkaian acara ini membuka forum interaktif antara pemuda dengan para pemimpinnya. Apalagi, tokoh pemimpin yang dihadirkan juga mewakili pemuda. Kami berharap nantinya gagasan para pemuda dapat terimplementasi dengan baik melalui kegiatan lanjutan seperti mentorship atau adopsi ide oleh para tokoh nasional yang hadir”, sambung Rana Baswedan, Ketua Divisi Program Y20 Indonesia.

Co-Chair Y20 Indonesia Michael Victor Sianipar menekankan pentingnya pemuda dilibatkan dalam pengambilan keputusan arah pembangunan bangsa.

Baca Juga: KTT Y20 Dibuka, Delegasi Pemuda 18 Negara Usung Misi Perubahan dan Perdamaian

“Perjuangan pemuda bukan hanya sekedar menghasilkan dokumen rekomendasi kebijakan, tetapi memastikan dokumen tersebut dapat diimplementasikan dengan baik oleh para pemimpin G20 dan oleh kita sendiri sebagai generasi muda,” kata Michael.

Adapun Y20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog.

Y20 mendorong para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x