Kompas TV regional berita daerah

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Optimis Indonesia Lolos Resesi 2023

Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menteri perdagangan, Zulkifli Hasan optimis Indonesia akan lolos dari ancaman resesi 2023 mengingat pertumbuhan ekonomi, baik yang ditunjang dari pertumbuhan ekonomi di daerah seperti Jawa Tengah. Zulkifli Hasan mendorong untuk meningkatkan produktifitas usaha.

Ditemui usai menjadi pembicara dalam temu bisnis gerai Muhammadiyah di Kota Semarang, Menteri Perdagangan, Zulkifli hasan menegaskan meski negara di dunia dihadapkan dengan resesi 2023, namun Indonesia diyakini lolos ancaman resesi tersebut.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik 5,4 persen hal tersebut juga ditunjang dari pertumbuhan ekonomi yang ada didaerah seperti Jawa Tengah yang mencapai 5,66 persen. Menurut Zulkifli, kuncinya adalah usaha harus produktif baik hasilkan produk yang berkualitas, maupun melakukan terobosan- terobosan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi seperti pertemuan pelaku bisnis, transaksi jual beli, hingga kerjasama ekonomi bisnis.

"Walaupun resesi, saya yakin kita akan tetap tumbuh ekonominya. Bahkan kita bisa nyerbu pasar dunia. Kalau kita terus bekerja dan produktif seperti ini," ujar Zulkifli.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir, menegaskan saat ini masih ada tujuh unit Usaha Perserikatan Muhammadiyah dan ke depan ditargetkan pertambah. Selain itu, Gerakan Industrilisasi atau Gerai Muhammadiyah sangat penting bagi pelaku usaha kecil.

"Unit usaha di Muhammadiyah, antar konsumen di Muhammadiyah, untuk bagaimana bisa saling menghidupkan unit-unit usaha yang ada sehingga saling menguntungkan berbagai komponen," ungkap Tafsir.

Gerakan Industrilisasi atau Gerai Muhammadiyah sangat penting dan bisa dimulai dari usaha kecil. Diharapkan dengan pengelolaan yang profesional gerai akan berkembang dan maju.

#resesi #menteriperdagangan #zulkiflihasan


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x