Kompas TV nasional politik

Andi Arief Sebut Gaya Berpolitik Hasto PDIP seperti Tokoh PKI DN Aidit, Main Adu Domba

Kompas.tv - 14 Oktober 2022, 05:40 WIB
andi-arief-sebut-gaya-berpolitik-hasto-pdip-seperti-tokoh-pki-dn-aidit-main-adu-domba
Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief usai diperiksa Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (10/5/2022). (Sumber: KOMPAS.com / IRFAN KAMIL)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief menyentil gaya berpolitik Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ketika berhadapan dengan lawannya. 

Menurut dia, karakter Hasto itu seperti tokoh sentral Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit.

Baca Juga: Andi Arief Sebut Ada Pihak yang Mengaku Utusan Jokowi Minta Jatah Wagub sampai Ancam Kader Demokrat

"Cara-cara Hasto memperlakukan lawan-lawan politik mirip cara-cara DN Aidit di tahun 1964," tulis Andi Arief dalam akun Twitter-nya, @AndiArief_ dan Kompas TV sudah diizinkan untuk mengutipnya pada Jumat (14/10/2022). 

Ia menjelaskan, kemiripan itu terlihat dari Hasto yang kerap mengadu domba lawan politiknya, sehingga ia terkesan sebagai orang yang paling berkuasa.

"Mirip memang, adu domba, kemudian cari muka, kriminalisasi. Intinya seolah-olah paling berkuasa padahal tidak berkuasa," ujarnya.

Ia mengatakan, dirinya bisa melontarkan pernyataan seperti itu lantaran ia belajar ihwal berdirinya PKI hingga akhirnya tumbang. 

Selain itu, kata dia, gaya berpolitik Hasto itu tipikalnya suka mencari sensasi di depan publik. 

Baca Juga: Sekjen PDIP Hasto Singgung Etika Politik Nasdem Usung Anies Baswedan Capres 2024

"Cara mengambil hatinya, cari mukanya berlebihan di tahun 1964, setidaknya itulah yang saya pelajari dari sejarah. Sekarang sedang dipraktikkan oleh Hasto ini," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x