Kompas TV internasional kompas dunia

Kejar Pemulihan Ekonomi, Indonesia dan Selandia Baru Jalin Kerja Sama di Berbagai Bidang

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 18:07 WIB
kejar-pemulihan-ekonomi-indonesia-dan-selandia-baru-jalin-kerja-sama-di-berbagai-bidang
Duta Besar RI untuk Selandia Baru Fientje M. Suebu (kiri) melakukan pemotongan tumpeng dalam acara resepsi diplomatik di Wellington, Selandia Baru, Rabu (12/10/2022). Turut menyaksikan pemotongan tumpeng adalah Dirjen Amerika dan Asia Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru Deborah Geels (tengah) dan Atase Pertahanan RI di Selandia Baru Kolonel Herwanto Setiyono (kanan). (Sumber: KBRI Wellington)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Edy A. Putra

WELLINGTON, KOMPAS.TV – Dalam rangka pemulihan ekonomi setelah pandemi COVID-19, Indonesia dan Selandia Baru bekerja bahu-membahu dalam bidang perubahan iklim, pemberdayaan perempuan, dan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Hal ini diungkapkan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Fientje Maritje Suebu dalam pidato sambutan acara resepsi diplomatik di Wellington, Rabu (12/10/2022).

Resepsi diplomatik yang diadakan kali ini merupakan puncak dari rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, sekaligus memperingati HUT TNI. 

Dalam sambutannya, Dubes Fientje menyampaikan apresiasi tinggi atas hubungan bilateral dan kerja sama yang terjalin kuat antara Indonesia dengan Selandia Baru di berbagai bidang khususnya politik dan ekonomi. 

“Kedua negara telah menjalin Kemitraan Komprehensif sejak tahun 2018. Diharapkan dengan dibukanya penuh perbatasan Selandia Baru, intensitas hubungan akan semakin meningkat dan arus barang dan orang akan kembali normal untuk mendukung pemulihan ekonomi,” ujar Dubes Fientje yang berpidato dalam balutan pakaian tradisional Provinsi Papua.

Baca Juga: Selandia Baru dan Fiji Jadi Wakil Oseania di Piala Dunia U20 2023 Indonesia

Dalam acara tersebut, turut hadir sebagai tamu kehormatan Deborah Geels yang merupakan Dirjen Amerika dan Asia Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru.

Geels menggarisbawahi arti penting Indonesia di kawasan Pasifik sebagai mitra Selandia Baru di berbagai bidang. Ia juga menyampaikan harapan terbaik bagi Indonesia yang akan memegang keketuaan ASEAN tahun depan.

Dubes Fientje juga sempat mengajak para hadirin untuk berkabung sejenak sebagai ungkapan duka mendalam atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan di Malang pada 1 Oktober 2022. 

Baca Juga: Perahu Pemancing di Selandia Baru Dijungkalkan Paus, Lima Orang Tewas

Tamu undangan berasal dari berbagai kalangan baik korps diplomatik, atase pertahanan, anggota parlemen, politisi, dan akademisi serta para Indonesianis.

Para hadirin mencicipi berbagai makanan khas Indonesia dan dihibur penampilan tari piring dari kelompok tari Caraka Seni dan medley lagu Nusantara yang dibawakan oleh perwakilan KBRI Wellington. 

Kemeriahan dan suasana Nusantara juga terasa dengan dikenakannya pakaian adat dari berbagai daerah Indonesia oleh keluarga besar KBRI Wellington.

Para hadirin juga memperoleh cendera mata berupa kain tenun Timor yang dikalungkan saat kedatangan. 

Resepsi diplomatik ini merupakan yang pertama dalam dua tahun terakhir setelah pada tahun lalu tidak dapat terselenggara akibat dampak dari lockdown di Selandia Baru. 
 


 



Sumber : KBRI Wellington


BERITA LAINNYA



Close Ads x