Kompas TV nasional peristiwa

Anies Bersyukur Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI: Beliau Tahu Persis Tantangan dan Situasi Jakarta

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 16:28 WIB
anies-bersyukur-heru-budi-jadi-pj-gubernur-dki-beliau-tahu-persis-tantangan-dan-situasi-jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta terpilih, Heru Budi Hartono (kanan) di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022). (Sumber: KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bersyukur Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjadi sosok yang akan memimpin Jakarta.

Anies mempercayai Heru Budi sebagai sosok yang tepat memimpin ibu kota, pasalnya telah malang melintang berkarir di Pemprov DKI sebelum menjabat Kepala Sekretariat Presiden.

Hal ini disampaikan Anies saat menerima Heru Budi di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

"Kami di Jakarta menyambut sekali Pak Heru. Beliau tumbuh dan berkembang karirnya di Jakarta. Tahu persis tantangan, tahu persis situasi Jakarta. Kami bersyukur yang jadi Pj Gubernur DKI beliau," kata Anies dikutip dari Kompas.com.

"Kami percaya Pak Heru sangat mumpuni, berpengalaman, dan jejaringnya luas."

Seperti diketahui, Heru Budi Hartono memang bukan nama baru di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. 

Diketahui, dia pernah menjabat Walikota Jakarta Utara pada 2014.

Selanjutnya pada 2015 Heru sempat menduduki jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta.

Baca Juga: Heru Budi Hartono Dijadwalkan akan Dilantik Menjadi Penjabat Gubernur DKI pada 17 Oktober

Lebih lanjut,  Anies menjelaskan terkait dirinya yang sengaja mengundang Heru Budi pada siang tadi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku pertemuannya dengan Heru Budi untuk menunjukkan adanya upaya menjaga kesinambungan program Pemprov DKI Jakarta ke depan.

"Agar bisa mengantisipasi apa saja yang perlu menjadi perhatian, apa saja yang jadi PR. Dengan begitu ada kesinambungan," jelasnya.


 

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Jokowi telah menunjuk Kepala Sekretariat Presiden, Kementerian Sekretariat Negara, Heru Budi Hartono sebagai penjabat (Pj) Gubernur DKI.

Penunjukkan Heru Budi diputuskan dalam Rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10) pekan lalu. 

"Ya, sudah diputuskan Pak Heru,” ucap pejabat di Istana Merdeka, Jumat (7/10).

Dengan demikian Heru Budi akan menggantikan Anies Baswedan yang habis masa jabatannya pada pekan depan, tepatnya 16 Oktober 2022.

Heru Budi akan menggantikan Anies sementara hingga ada Gubernur DKI Jakarta definitif yang baru hasil Pilkada 2024 mendatang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ungkap Alasan Tunjuk Heru Budi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta: Saya Tahu Semuanya




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x