Kompas TV olahraga sepak bola

Media Vietnam: Timnas Indonesia Bisa Gantikan Laos di Piala Asia U17, Keputusan AFC Bercelah

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 07:48 WIB
media-vietnam-timnas-indonesia-bisa-gantikan-laos-di-piala-asia-u17-keputusan-afc-bercelah
Media Vietnam The Thao 247 menyebut Timnas U17 Indonesia masih punya kesempatan pentas di Piala Asia. (Sumber: PSSI.org)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia U17 masih punya kans untuk pentas di Piala Asia U17 2023 kendati sudah gugur dari babak kualifikasi pada Minggu (9/10/2022).

Hal itu diterangkan oleh media Vietnam, The Thao 247, menyusul pengumuman AFC terkait tuan rumah kompetisi.

"Timnas Indonesia U17 bisa berpartisipasi di arena kontinental, bila mampu memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan AFC U17 2023," ujar media itu.

Hingga kini, AFC memang belum menentukan venue Piala Asia U17 2023. Dalam pengumuman terbaru, induk sepak bola Asia tersebut menyatakan bakal memberi prioritas kepada 16 tim yang sudah dinyatakan lolos kualifikasi.

Akan tetapi, jika masing-masing tak ada yang berkenan, AFC mempersilakan negara lain untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah. Hal ini disebut sebagai celah keputusan AFC yang bisa dimanfaatkan Indonesia.

"Jika 16 negara ini tidak mendaftar, negara lain bisa menjadi tuan rumah (misalnya Indonesia). Maka, secara default Timnas U17 Indonesia akan menggantikan 1 dari 16 tim di atas," tulis The Tao 247.

"Kemungkinan besar adalah Laos U17, tim runner-up terbaik ke-6," kata media itu.

Kendati demikian, patut digarisbawahi bahwa peluang Indonesia dengan skenario itu terbilang kecil. Pasalnya, AFC tentu lebih memprioritaskan 16 tim lolos kualifikasi.

Baca Juga: Komdis PSSI Sudah Hukum 3 Pihak, Apakah PSSI akan Menghukum Dirinya Sendiri?

Terlepas dari itu, Piala Asia U17 rencananya dihelat pada 3 hingga 20 Mei 2023 mendatang. Sejauh ini ASEAN menyumbangkan empat wakil, yakni Vietnam, Thailand, Malaysia dan Laos.

Timnas Indonesia gagal melaju via jalur kualifikasi, usai ditekuk Malaysia 5-1 dalam laga pemungkas Grup B di Stadion Pakansari, Bogor, pada Minggu (9/10).

Hasil itu menempatkan Indonesia di urutan ketujuh dalam klasemen runner-up terbaik, terpaut 1 gol saja dari Laos di urutan keenam.

Baca Juga: Daftar 34 Nama Pemain Timnas U20 Indonesia untuk TC di Turki dan Spanyol


 



Sumber : Kompas TV/The Thao 247


BERITA LAINNYA



Close Ads x