Kompas TV regional berita daerah

Kuliner Ikan Air Tawar Sungai Mahakam

Kompas.tv - 10 Oktober 2022, 22:33 WIB

TENGGARONG, KOMPAS.TV - Menikmati makanan khas Kutai hasil dari sungai mahakam dikenal dengan ikan dan udang yang segar, serta sayur keladi dan sayur asam patin, namanya rumah makan tepian pandan, berada di Jalan Wolter Mangonsidi Kelurahan Timbau Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pengunjung bisa langsung memilih ikan segar untuk dimasak sesuai dengan keinginan pengunjung. Misalnya ikan lais, ikan patin, ikan jelawat, udang galah. Semuanya hasil alam dari sungai Mahakam, biasanya pengunjung lebih banyak memilih di goreng atau dibakar. Masakan khas Kutai ini memiliki resep cukup sederhana. Namun yang membedakan dari warung makan lainnya, ikan hasil dari sungai mahakam di ambil dari desa yang berada di Kutai Kartanegara.

Semuanya tergolong ikan organic, bukan ikan hasil budidaya, sama halnya dengan udang galah sungai juga organic. Perbedaannya, daging ikannya sangat padat dan lebih gurih.

Tak heran, rumah makan ini tiap hari dipadati pengunjung yang berasal dari berbagai kota. Misalnya, warga dari Balikpapan ini mengaku, rasanya sangat gurih dan ikannya segar.

Biasanya disajikan dengan sayur keladi dan labu serta ikan patin sayur asam khas Kutai, membuat rasanya beda dengan yang lain.

Rumah makan tepian pandan ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 wita hingga 22.00, tiap harinya ratusan pengunjung menikmati kuliner khas Kutai.

#MasakanKutai#TepianPandan#IkanSungai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x