Kompas TV bisnis bumn

Soal Uji RON Pertalite hanya 86, Ahli sebut Alat Tak Valid, Pertamina: Tidak Bisa jadi Patokan

Kompas.tv - 9 Oktober 2022, 11:05 WIB
soal-uji-ron-pertalite-hanya-86-ahli-sebut-alat-tak-valid-pertamina-tidak-bisa-jadi-patokan
Penjelasan Pertamina soal unggahan viral yang menyebutkan Pertalite RON 90 yang dicek dengan sebuah alat ternyata menghasilkan RON 85 (Sumber: Twitter)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ahli bahan bakar dan pembakaran menanggapi foto yang viral di media sosial tentang nilai oktan (RON) Pertalite hanya 86, dan menyebut alat pengujinya tidak valid. 

Menurut ahli bahan bakar dan pembakaran Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) Tri Yuswidjajanto, informasi terkait penggunaan alat portable tersebut pernah viral sebelumnya.

"Alat ujinya tidak valid. Pernah ramai dan dibuat video edukasinya oleh Pertamina," katanya, Jumat (8/10/2022), dikutip dari Kompas.com.

Tri juga menjelaskan tentang hasil berbeda yang muncul dari alat uji oktan portable. Kompas.com diberikan izin untuk mengutip penjelasannya.

Baca Juga: Viral Pertalite RON 90 Dicek Pakai Alat jadi 86, Pihak Pertamina Beri Penjelasan

Dalam video tersebut diperlihatkan cara pengujian BBM menggunakan alat portable dan CFR (Coordinating Fuel Research), yang  biasa dipakai untuk mengukur oktan bahan bakar.

Pengujian menggunakan alat tersebut, kata dia, tak sembarang orang bisa melakukannya, karena hanya operator bersertifikat yang bisa melakukannya.

Pengujian menggunakan alat tersebut menunjukkan hasil yang berbeda, yakni pada alat tersebut hasil BBM yang diuji beroktan 87, sedangkan BBM yang diuji dengan CFR memiliki hasil 98,29.

“Hasil berbeda karena mesin CFR adalah alat uji oktan yang berlaku secara internasional dan cara kerjanya menduplikasi pembakaran dalam mesin,” tutur Tri.

"Kalau alat oktan yang beredar di pasaran bekerja dengan mengukur sifat fisika kimia bahan bakar sehingga hasilnya tidak bisa dijadikan acuan, katanya lagi.

Ia menjelaskan, uji RON standar yang harus dipakai adalah ASTM B2699. Selain itu, metode dan alat uji yang berbeda imbuhnya juga berpengaruh terhadap hasil yang dicapai.

Hal sederhana yakni dapat dicontohkan pada pengukuran suhu atau temperatur.

"Kalau pakai termometer, Celsius dapat angka 100, tapi kalau diukur dengan termometer Fahrenheit hasilnya angka 212," tuturnya.

Uji nilai oktan pertalite



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x