Kompas TV nasional sosial

BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Akan Terjadi Cuaca Ekstrem Selama Sepekan

Kompas.tv - 9 Oktober 2022, 04:45 WIB
bmkg-seluruh-wilayah-indonesia-akan-terjadi-cuaca-ekstrem-selama-sepekan
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Senin (14/3/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem sepekan ke depan.

BMKG memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di hampir seluruh wilayah Indonesia selama sepekan ke depan. Peringatan ini menjadi perhatian untuk daerah yang rawan banjir.  

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan untuk wilayah DKI Jakarta masuk dalam status siaga. 
Diprediksi hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang hingga banjir akan terjadi hingga 15 Oktober mendatang. 

Baca Juga: Terungkap! BMKG Sebut Hujan Deras di Jabodetabek Akhir-akhir Ini karena Hal Berikut

Peringatan siaga cuaca ekstrem hingga 15 Oktober ini juga berlaku bagi sebagian besar wilayah di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali hingga Papua.

"BMKG mengimbau pihak terkait untuk memastikan kapasitas infrastruktur dan tata kelola SDA siap mengantisipasi apabila ada peningkatan curah hujan lebat hingga ekstrem. Jadi mohon jangan sampai ada sumbatan-sumbatan," ujar Dwikorita saat jumpa pers melalui kanal YouTube Info BMKG, Sabtu (8/10/2022).

Lebih lanjut Dwikorita juga meminta pihak terkait untuk memperhatikan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pemotongan lereng, tidak melakukan penggundulan hutan, serta meneruskan program penghijauan masif.

Untuk mencegah pohon tumbang, BMKG mengimbau pihak terkatit memangkas dahan yang rapuh, mengokohkan tiang agar tidak roboh jika tertiup angin kencang.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem! BMKG Sebut Jabodetabek Hujan Lebat, Petir & Angin Kencang hingga Pekan Depan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x