Kompas TV nasional hukum

Begini Tanggapan Rasamala Aritonang soal Perlakuan Khusus Ferdy Sambo saat Tahap II di Kejagung

Kompas.tv - 8 Oktober 2022, 07:30 WIB
begini-tanggapan-rasamala-aritonang-soal-perlakuan-khusus-ferdy-sambo-saat-tahap-ii-di-kejagung
Petugas tampak sigap memberikan payung sebelum tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabrat, Ferdy Sambo menuju gedung Kejaksaan Agung. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim kuasa hukum keluarga Ferdy Sambo tidak melihat perlakukan khusus terhadap kliennya saat proses penyerahan tersangka dan barang bukti di Kejaksaan Agung (Kejagung) baru-baru ini.

Kuasa Hukum keluarga Ferdy Sambo, Rasamala Aritonang menyatakan perlakuan yang dihadapi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi sama seperti tersangka lainnya. 

Kliennya tetap mengenakan baju tahanan Bareskrim Polri kemudian rompi tahanan Kejagung dengan tangan yang diborgol.

Rasamala malah melihat ada tindakan eksesif atau keadaan yang melampaui kebiasaan dalam penggunaan kewenangan dalam penyerahan tersangka dan barang bukti. 

Baca Juga: Sigapnya Anggota Brimob Payungi dan Jaga Ferdy Sambo di Kejaksaan Agung

Seperti pengerahan pasukan Brimob, pengamanan berlapis, pembatasan akses hingga penggunaan kendaraan taktis.

"Kan sudah ditahan sudah dipakaikan baju tahanan sama seperti yang lain apa lagi yang menjadi persoalan. Kalau dibilang (Ferdy Sambo) masih punya kekuatan, yang mana kekuatannya," ujar Rasamala di program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Jumat (7/10/2022).

Rasamala meminta agar opini perlakuan khusus hingga kliennya masih memiliki kekuasaan yang tidak bisa dibuktikan tak perlu lagi dibuat.

Hal ini untuk kepentingan persidangan agar dapat berjalan seimbang dan adil, sehingga nantinya hakim tidak berangkat dengan asumsi yang berkembang sebelum memeriksa para terdakwa. 

Baca Juga: Ferdy Sambo: Istri Saya Tidak Bersalah, Tidak Melakukan Apa-apa dan Justru Menjadi Korban

"Saya berharap opini dan spekulasi yang sebenarnya tidak faktual dihentikan sampai kita sajikan ini di proses persidangan. Supaya semua bisa menilai secara objektif," ujar Rasamala. 

Sebelumnya proses penyerahan barang bukti dan tersangka diwarnai protes lantaran pengamanan yang dianggap berlebihan. 

Para awak media yang meliput kesulitan mengambil gambar suami Putri Candrawathi itu karena dihalangi oleh personel Brimob dan petugas dari Kejaksaan Agung.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x