Kompas TV olahraga sepak bola

Daftar 10 Stadion Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Kanjuruhan

Jumat, 7 Oktober 2022 | 10:05 WIB
daftar-10-stadion-terbesar-di-indonesia-salah-satunya-kanjuruhan
Jakarta International Stadium (JIS) (Sumber: ANTARA/Abdu Faisal)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Isu sepak bola sedang menjadi topik hangat, terutama pasca kejadian di Stadion Kanjuruhan yang berlokasi di Malang. Markas Arema itu menjadi saksi sejarah kelam dunia sepak bola Indonesia, ratusan nyawa menjadi korban di sana. 

Kapolri menyebut salah satu penyebab kejadian ini adalah jumlah penonton melebihi kapasitas yang dimiliki oleh stadion Kanjuruhan.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak stadion besar dan mampu untuk menampung banyak penonton atau pendukung. 

Berikut daftar stadion terbesar di Indonesia dikutip dari berbagai sumber:

 

1. Jakarta International Stadium (JIS)

Stadion dengan kapasitas 82.000 kursi ini mulai dibangun dan diresmikan pembukaannya pada 2022. Jakarta International Stadium merupakan stadion modern yang didesain khusus untuk sepakbola milik pemerintah DKI Jakarta, terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

2. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)

Stadion Utama Gelora Bung Karno atau yang dikenal dengan SUGBK merupakan stadion multifungsi bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno di Jakarta dan biasanya dipakai sebagai markas tim nasional Indonesia. Stadion berkapasitas 78.193 penonton ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama.

3. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion kebanggaan masyarakat Surabaya ini memiliki kapasitas 46.806 penonton setelah renovasi pada 2020 lalu untuk menyambut Piala Dunia U-20 2023. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepakbola dan menjadi kandang baru bagi Persebaya Surabaya, menggantikan Stadion Gelora 10 November.

4. Stadion Palaran 

Terletak di Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur, Stadion yang memiliki 67.075 kursi ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menghadapi PON XVII. Sayangnya, setelah itu stadion ini terkesan terbengkalai dan hingga saat ini tidak pernah lagi digunakan untuk menggelar agenda olahraga khususnya sepakbola.

5.Stadion Batakan

Stadion Batakan dibangun di kota Balikpapan, merupakan stadion yang memiliki desain khusus untuk sepakbola. Dengan kapasitas sebanyak 40.000 kursi, stadion ini sekarang menjadi kandang Persiba Balikpapan.

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x