Kompas TV regional berita daerah

Antisipasi Banjir, BBWS Citarum Siapkan Tim Dan Peralatan

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 14:20 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

KAB. BANDUNG. KOMPAS.TV - Bertempat di gedung unit pengelola prasanan pengendali banjir Citarum hulu, yang berada di kawasan Baleendah, ratusan petugas gabungan dari balai besar wilayah sungai citarum, TNI, Polri, polri serta badan penanggulangan bencana daerah, melakukan apel siaga banjir. 

Apel ini dilakukan karena saat ini sudah memasuki musim hujan, dimana wilayah Kabupaten Bandung di musim hujan, sering mengalami banjir. Dengan adanya apel siaga ini, petugas siap menghadapi kondisi banjir baik penanganan maupun melakukan evakusi warga. 

Menurut kepala BBWS Citarum, Bastari, pihaknya sedang menangani permasalahan banjir, baik di hulu hingga ke hilir Sungai Citarum. Selain menyiapkan tim yang bersiaga di beberapa titik wilayah rawan banjir, pihaknya juga menyiapkan perahu dan juga alata berat di sekitar lokasi rawan banjir. 

Sedangkan menurut kepala bidang kedaruratan dan logistik BPBD Jawa Barat, Bambang, Jawa Barat dikenal rawan bencana di saat musim hujan. Di bulan september, sudah ada enam ratus bencana terjadi, terutama di pesisir Jawa Barat selatan. 

Selain apel siaga bencana, pihak BBWS juga melakukan upaya lainnya untuk mengatasi permasalahan banjir, seperti perbaikan tanggul, danau hingga kolam retensi. Kabupaten Bandung dikenal wilayah banjir, terutama di tiga wilayah kecamatan, seperti di Baleendah, Dayeuh Kolot dan Bojong Soang.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah ini:

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x