Kompas TV nasional agama

Kemenag Ajak Salat Gaib Seusai Salat Jumat 7 Oktober, Doakan Korban Kanjuruhan

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 16:04 WIB
kemenag-ajak-salat-gaib-seusai-salat-jumat-7-oktober-doakan-korban-kanjuruhan
Para pemain dan ofisial Arema FC menaburkan bunga dan memanjatkan doa di luar Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (3/10/2022). Kemenag juga imbau salat gaib imbas tragedi Kanjuruhan. (Sumber: Achmad Ibrahim/Associated Press)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama mengajak umat Islam gelar salat gaib untuk mendoakan korban Tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya.

Kemenag juga sudah menerbitkan edaran untuk anjuran salat gaib itu ke masjid-masjid untuk mendoakan para korban dalam tragedi itu.

Salat gaib untuk korban tragedi Kanjurugan disarankan oleh Kemenag seusai ibadah salat Jumat pada 7 Oktober 2022. 

"Diberitahukan kepada umat Islam di seluruh Indonesia, sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal dunia pada kejadian tragedi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, maka diimbau agar melaksanakan salat gaib," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Terkait Tragedi Kanjuruhan, Komdis PSSI: Ada Kelalaian dari Panitia Pelaksana

Menurutnya, surat edaran untuk menggelar salat gaib dari Kemenag ini telah diterbitkan.

Adapun, Kementerian Agama sendiri akan menggelar salat gaib untuk korban tragedi Stadion Kanjuruhan di Masjid Istiqlal setelah pelaksanaan Shalat Jumat.

"Shalat Ghaib digelar untuk mendoakan korban meninggal dunia dan dapat dilaksanakan setelah shalat Jumat pada 7 Oktober 2022," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia pun menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Ia berharap agar kejadian maut yang melibatkan banyak suporter itu tidak kembali terulang pada momen-momen apapun di masa depan.

Baca Juga: Tata Cara Salat Gaib untuk Mendoakan Kepergian Eril yang Sudah Diikhlaskan Keluarga Ridwan Kamil

Diberitakan sebelumnya kericuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan usai berakhirnya laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10).

Akibatnya lebih dari seratus orang dilaporkan menjadi korban.

Data terbaru insiden ini mengungkapkan sebanyak 125 orang meninggal dunia. Sementara korban luka berat 21 orang dan luka ringan 304 orang.

Pemerintah sendiri sudah membuat tim pencari gabungan pencari fakta (TPIGF) guna mengusut tuntas kericuhan ini seperti arahan Presiden Jokowi pada pidatonya tentang tragedi Kanjuruhan ini pada Minggu (2/10/2022). 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x