Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Tembakkan Rudal ke Arah Jepang, Perintah Evakuasi Digaungkan

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 10:55 WIB
korea-utara-tembakkan-rudal-ke-arah-jepang-perintah-evakuasi-digaungkan
Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno, tengah, setengah berlari masuk ke kantor perdana menteri di Tokyo Selasa, 4 Oktober 2022 menyusul laporan rudal Korea Utara yang melintasi wilayah udara Jepang (Sumber: Kyodo News via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

 

SEOUL, KOMPAS.TV — Korea Utara hari Selasa, (4/10/2022) menembakkan rudal balistik jarak menengah melintasi wilayah teritorial udara Jepang untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Seperti laporan Associated Press, Selasa, (4/10/2022), peluncuran rudal Korea Utara secara mendadak itu memaksa Jepang mengeluarkan perintah evakuasi dan menghentikan kereta api. Korea Utara diketahui meningkatkan uji coba senjata yang dirancang untuk menyerang sekutu regional AS.

Itu adalah uji coba rudal paling signifikan oleh Korea Utara sejak Januari, ketika menembakkan rudal jarak menengah Hwasong-12 yang mampu mencapai wilayah AS di Guam.

Jepang dan Korea Selatan sama-sama mengadakan pertemuan keamanan untuk membahas peluncuran tersebut.

Kantor perdana menteri Jepang mengatakan setidaknya satu rudal yang ditembakkan dari Korea Utara terbang di atas Jepang dan diyakini telah mendarat di Samudra Pasifik.

Pihak berwenang Jepang memperingatkan penduduk di wilayah timur laut untuk mengungsi ke tempat penampungan, dalam peringatan "J-alert" pertama sejak 2017 ketika Korea Utara menembakkan rudal Hwasong-12 dalam uji coba senjata yang provokatif.

Baca Juga: Kim Jong Un Wajib Waspada, AS Korea Selatan dan Jepang Latihan Bareng Hadapi Kapal Selam Korea Utara

Sebuah TV menayangkan J-Alert atau Sistem Peringatan Dini Nasional kepada warga Jepang Selasa, 4 Oktober 2022, di Tokyo. Korea Selatan mengatakan Korea Utara menembakkan rudal balistik ke arah perairan timurnya. (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)

Perjalanan kereta ditangguhkan di wilayah Hokkaido dan Aomori sampai pemerintah mengeluarkan pemberitahuan berikutnya bahwa rudal Korea Utara tampaknya telah mendarat di Pasifik.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan kepada wartawan bahwa "penembakan itu, yang menyusul serangkaian peluncuran baru-baru ini oleh Korea Utara, adalah tindakan sembrono dan saya sangat mengutuknya."



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x