Kompas TV nasional rumah pemilu

Dari Korean hingga Tukung Cukur, Menilik Gerak Relawan Anies Baswedan untuk Capres 2024

Kompas.tv - 29 September 2022, 11:49 WIB
dari-korean-hingga-tukung-cukur-menilik-gerak-relawan-anies-baswedan-untuk-capres-2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7/22). Para relawan mulai bergerak untuk Anies Capres (Sumber: Kompas.tv/Hasya Nindita)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Relawan Anies Baswedan mulai bergerak di pelbagai wilayah di Indonesia untuk melambungkan nama Gubernur DKI Jakarta itu sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Dukungan ini, misalnya, digaungkan dalam acara Musyawarah Nasional Simpul Simpul Relawan Anies Baswedan yang digelar di Hotel Aone Jakarta Pusat, Minggu (25/9/2022) kemarin.

Ketua Panitia Munas itu, Marlina Idha yang berasal dari Simpul Relawan Garnies, mengatakan para relawan yang hadir dari seluruh Indonesia dan terdiri dari 90 simpul relawan Anies.

“Kami berkomitmen untuk bergerak dengan mengedepankan politik beretika,” ujar Marlina dalam siaran persnya, Senin (26/9/2022).

Menurut Marina ada 300 orang relawan perwakilan dari 90 Simpul Relawan Anies Baswedan dari seluruh Indonesia yang hadir. Sejumlah tokoh pun yang selama ini dianggap dekat sama Anies pun hadir, mulai dari Sudirman Said hingga Eep Saifullah Fatah. 

Di antara relawan itu yang hadir adalah GARNIES yang berisi para pengusaha UMKM, lalu ada lagi relawan bernama OPTIMIS yang merupakan gabungan tukang cukur seluruh Indonesia. 

"Ada lagi relawan bernama BRANI1 yang anggotanya berasal dari relawan antar iman, Jaringan Pendidik Anies yang anggotanya merupakan para pendidik dari seluruh Indonesia, dan banyak lagi," katanya,


 

Hal ini, kata Marlina menunjukkan bahwa relawan Anies berasal dari berbagai kalangan dengan ragam suku, agama, dan latar belakang.

"Kami disatukan oleh tekad untuk mendukung Anies Baswedan sebagai presiden Indonesia karena telah teruji dan terbukti mampu memajukan Jakarta dan menyejahterakan warganya," terang Marlina Idha.

Baca Juga: Andi Mallarangeng Soal Demokrat Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024: Belum Rampung Pembicaraannya

Bergerak di Sejumlah Wilayah

Selain itu, tercatat, ada sejumlah aliansi dan jaringan relawan Anies yang mulai bergerak, baik secara offline di akar rumput maupun secara digital.

Mulai dari aliansi bernama Korean atau Konfederasi Nasional Relawan Anies (Korean) dan Relawan Anies yang terlihat paling rapi secara digital.



Sumber : Kompas TV/kompas.com/tribun jakarta


BERITA LAINNYA



Close Ads x