Kompas TV entertainment lifestyle

Perhatikan Asupan Gula Harian, Bisa Ditakar dengan Sendok

Rabu, 28 September 2022 | 16:18 WIB
perhatikan-asupan-gula-harian-bisa-ditakar-dengan-sendok
Ilustrasi Gula. (Sumber: Kompas.com)

Penulis : Dian Septina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Makanan manis memang enak dan bisa membuat suasana hati lebih nyaman saat mengonsumsinya.

Meski memanjakan lidah, sayangnya, takaran gula dalam makanan dan minuman manis kerap melebihi ambang batas anjuran konsumsi gula harian.

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, batas konsumsi gula harian yakni 10 persen dari total energi (200 kkal). Angka ini setara empat sendok makan atau 50 gram gula.

Konsumsi gula lebih dari 50 gram tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan kegemukan dan berbagai penyakit tidak menular di masa depan.

Dokter spesialis gizi di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, Titi Sekarindah, mengatakan, seorang laki-laki dewasa sebaiknya mengonsumsi gula paling banyak sembilan sendok teh sehari.

Baca Juga: Selain Madu, Ini 5 Alternatif Pengganti Gula Putih

Batas maksimal konsumsi gula perempuan dewasa enam sendok teh sehari, sedangkan anak-anak 3-6 sendok teh sehari, tergantung berat badan sang anak.

”Gula pasir terdiri dari glukosa dan fruktosa. Yang berbahaya (jika dikonsumsi terlalu banyak) adalah fruktosa. Konsumsi fruktosa yang terlalu banyak bisa mengganggu metabolisme di hati, lalu menyebabkan perlemakan hati. Bisa saja nanti terjadi gagal hati,” kata Titi, dilansir Kompas.id, Senin (26/9/2022).

Cara kontrol asupan gula per hari

Melansir dari Healthline, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi konsumsi makanan manis agar asupan gula per hari terkontrol.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x