Kompas TV entertainment lifestyle

Selain Madu, Ini 5 Alternatif Pengganti Gula Putih

Kompas.tv - 27 September 2022, 11:31 WIB
selain-madu-ini-5-alternatif-pengganti-gula-putih
Ilustrasi salah satu pemanis pengganti gula, stevia, untuk penderita diabetes (diabetesi). (Sumber: SHUTTERSTOCK/NIKCOA via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hampir setiap hari kita mengkonsumsi gula, baik dalam campuran masakan, minuman, hingga dessert.

Tapi sebaiknya perhatikan jumlah konsumsi gula, karena gula cepat diserap tubuh dan meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, dan kanker.

Anda bisa mengganti gula dengan pemanis lain yang punya indeks glikemik lebih rendah. Tujuannya untuk menghindari risiko akibat asupan glukosa berlebih.

Dilansir dari Healthline, berikut alternatif pengganti gula. Simak kelebihan dan kekurangan dari bahan-bahan ini, karena tidak semuanya lebih sehat daripada gula pasir khususnya saat dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

1. Xylitol

Xylitol adalah gula alkohol yang memiliki rasa manis mirip dengan gula. Pemanis tersebut diekstraksi dari jagung atau kayu birch.

Pemanis tersebut mengandung 40 persen kalori lebih sedikit daripada gula atau setara dengan 2,4 kalori per gram. Di samping itu xylitol juga memiliki kandungan fruktosa yang lebih sedikit.

Hal tersebut membuat xylitol dinilai baik sebagai alternatif gula, karena fruktosa yang ada bertanggung jawab atas sebagian besar efek berbahaya dari gula.

Baca Juga: Menkes Ingatkan Masyarakat Kurangi Minuman dan Makanan Manis: Demi Masa Depan Kita

2. Stevia

Stevia atau secara ilmiah dikenal sebagai Stevia rebaudiana adalah, pemanis alami yang diekstrak dari daun semak Amerika Selatan.

Pemanis nabati tersebut dapat diekstraksi dari antara salah satu dua senyawa yaitu, stevioside dan rebaudioside A.

Rasanya 350 kali lebih manis dan agak sedikit berbeda dari gula. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kedua senyawa tersebut masing-masing mengandung nol kalori.

3. Gula kelapa

Gula kelapa diekstrak dari nira kelapa. Pemanis alami tersebut mengandung beberapa Nutrisi seperti, zat besi, seng, kalsium, dan kalium, serta antioksidan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x