Kompas TV regional berita daerah

Pembangkit Listrik Tenaga Turbin Karya Mahasiswa Itera

Kompas.tv - 28 September 2022, 14:11 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Melihat potensi angin diwilayah indonesia yang rendah dan sulit dimanfaatkan untuk produksi energi listrik, sekelompok mahasiswa Institute Teknologi Sumatera (Itera) merancang Prototipe Airfoil Diffuser Technology atau Aiditec.

Cara kerjanya Aiditec nantinya akan mempercepat pergerakan turbin angin untuk berputar hingga dapat menghasilkan energi listrik bertenagakan angin.

Madi selaku dosen pembimbing mengatakan bahwa karya yang dibuat oleh mahasiswa itera ini merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (Pkm-Kc), yang diadakan oleh kementerian pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi (kemendikbudristek).

“program ini telah disuport oleh kemendikbudristek dan telah terlaksana kurang lebih tiga bulan yang merupakan salah satu teknologi inovasi hasil mahasiswa itera, inovasi yang dihasilkan ini berupa prototype yang kedepanya memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan”ujarnya

Prototipe Airfoil Diffuser Technology sebagai pendorong turbin angina, ini dapat dikembangkan dan digunakan pemerintah indonesia sebagai pembangkit listrik energi baru terbarukan yang ramah lingkungan.

#karyamahasiswa #turbinpembangkitlistrik #itera

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x