Kompas TV nasional rumah pemilu

Nasdem-Demokrat Usung Anies Jadi Capres, PKS Tawarkan Aher, HNW hingga Syaikhu sebagai Cawapres

Kompas.tv - 27 September 2022, 17:11 WIB
nasdem-demokrat-usung-anies-jadi-capres-pks-tawarkan-aher-hnw-hingga-syaikhu-sebagai-cawapres
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Rusunawa Penjaringan, Kamis (18/8/22) (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (jubir) PKS Muhammad Kholid mengatakan, pihaknya akan menawarkan kader terbaiknya untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) kepada Nasdem dan Partai Demokrat dalam menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

Mereka adalah mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher; mantan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno; Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid atau HNW; Presiden PKS Ahmad Syaikhu; dan Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman.

Baca Juga: NasDem, Demokrat, dan PKS Agendakan Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024, 10 November 2022 

"PKS ajukan beberapa nama misalnya Ahmad Heryawan yang berpengalaman sukses memimpin Jawa Barat selama 10 tahun. Atau Irwan Prayitno yang berhasil pimpin Sumatera Barat selama 2 periode. Atau Hidayat Nur Wahid, tokoh nasional yang memimpin MPR RI sudah 3 periode," kata Kholid kepada wartawan, Selasa (27/9/2022). 

"Selain ketiga tokoh di atas, ada juga Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman yang juga masuk daftar pilihan alternatif cawapres melengkapi pilihan ketiga kandidat sebelumnya," sambungnya. 

Meski begitu, kata dia, PKS tak akan memaksakan kadernya untuk menjadi cawapres. 

"Tentu kami juga sangat menghormati aspirasi dari Demokrat yang ajukan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau Nasdem yang kabarnya akan ajukan Panglima TNI Andika Perkasa atau Khofifah Gubernur Jawa Timur," ujarnya.


Ia menjelaskan, Nasdem, Demokrat dan PKS akan setuju dengan pengusungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres pada Pilpres 2024. 

"Kalau dari sisi capres, sosok Gubernur DKI Anies Baswedan muncul menjadi salah satu yang terkuat dalam pembahasan kami meskipun tidak menutup pada pilihan yang lain."

"Bagi PKS, meskipun Anies bukan kader tetapi Anies memiliki sejarah kebersamaan dengan PKS saat Pilkada DKI dan memimpin DKI. Kader-kader PKS juga bisa menerima sosok Anies," ujarnya.  

Sebelumnya, Partai NasDem bersama Partai Demokrat dan PKS dilaporkan akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024. Deklarasi itu direncanakan pada 10 November 2022.

“Kandidat capres yang akan diusung Partai Nasdem itu ada 3 kan sejak awal, Pak Andika Perkasa, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Secara logika politik yang paling memungkinkan ya Anies Baswedan dan memang akan diumumkan,” ungkap politikus Partai Nasdem, Zulfan Lindan, kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

“Jadi soal capres pokoknya sudah selesai, Anies Baswedan capres Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat, sudah 99 persen.”

Zulfan menuturkan, cawapres pasangan Anies bisa saja diumumkan secara langsung atau bersamaan jika selesai dibahas.

Baca Juga: NasDem Minta Anies Berkomitmen Lanjutkan Pembangunan IKN jika Diusung jadi Capres pada 2024

“Kan yang urgent itu capres duluan, tapi kalau dari sekarang sampai 10 November soal cawapres sudah selesai ya, ya (diumumkan -red) bareng-bareng, tapi kalau belum kan bisa dilanjutkan lagi,” kata Zulfan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x