Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping Masuk Daftar Delegasi Kongres Nasional Partai Komunis China, Rumor Kudeta Terbantahkan?

Kompas.tv - 26 September 2022, 17:20 WIB
xi-jinping-masuk-daftar-delegasi-kongres-nasional-partai-komunis-china-rumor-kudeta-terbantahkan
Warga Beijing mengunjungi dekorasi yang dipasang jelang Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20 pada pertengahan Oktober mendatang, Senin (26/9/2022). (Sumber: Ng Han Guan/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping masuk ke dalam daftar delegasi yang akan menghadiri Kongres Partai Komunis China pada pertengahan Oktober mendatang. Daftar delegasi Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20 itu dipublikasikan pada Minggu (25/9/2022).

“Setiap unit elektoral seantero negeri mengadakan sebuah kongres partai atau rapat representatif partai dan memilih 2.296 delegasi ke kongres partai ke-20,” demikian diwartakan televisi negara China, CCTV dikutip South China Morning Post.

Masuknya Xi dalam daftar delegasi sekaligus memperkuat bantahan tentang rumor kudeta di China. Xi Jinping dirumorkan dikudeta militer pada akhir pekan lalu.

Rumor tersebut sempat menggemparkan media sosial. Hingga berita ini diturunkan, pemerintah China masih bungkam mengenai rumor itu.

Baca Juga: Pakar AS Soal Rumor Kudeta Xi Jinping: Berawal dari Gerakan Religius yang Dipersekusi Komunis China

Xi Jinping sendiri dipilih sebagai delegasi regional Guangxi. Ia dipilih melalui kongres regional pada April lalu.

Kongres Nasional Partai Komunis China akan dimulai pada 16 Oktober mendatang. Presiden Xi Jinping diyakini akan dilantik lagi menjadi presiden dalam kongres ini.

Dalam kongres nasional lima tahunan ini, para delegasi akan memilih anggota-anggota Komite Sentral Partai Komunis China.

Nantinya, anggota Komite Sentral berhak memilih 25 anggota Politbiro dan Komite Tetap apartai, pusat kekuasaan dari Partai Komunis China.

Menurut laporan South China Morning Post, tidak ada kejutan yang muncul dari daftar delegasi yang dipublikasikan pada akhir pekan lalu.

Daftar itu memuat semua anggota Politbiro, komando militer sentral dan pejabat tertinggi di tiap komando palagan, gubernur, kepala regional partai, serta pejabat-pejabat tinggi di beerbagai aparatur.

Apabila menilik daftar delegasi, kemungkinan besar Xi Jinping akan terpilih kembali menjadi pemimpin partai sekaligus presiden. Ia telah memimpin China sejak 2012.

Alfred Wu, profesor rekanan di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew Universtias Nasional Singapura, menyebut daftar delegasi mencerminkan bahwa “konsensus telah tercapai jelang rapat yang sebenarnya.”

“Kongres partai (Komunis China) ke-20 secara umum hanya akan menjadi formalitas untuk mendukung kebijakan dan arah kepemimpinan partai. Negosiasi untuk posisi-posisi penting telah dimulai sebelum kongres,” kata Wu.

“Sekarang ini, anggota-anggota Politibiro seharusnya sudah punya gagasan jelas dari perubahan susunan (partai) yang akan datang,” pungkasnya.

Baca Juga: Rumor Xi Jinping Dikudeta dan Jadi Tahanan Rumah, Pakar China Angkat Bicara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x