Kompas TV internasional kompas dunia

Berlian The Fortune Pink 18 Karat Segera Dilelang, Diperkirakan Meraup Rp 528 Miliar

Kompas.tv - 26 September 2022, 15:56 WIB
berlian-the-fortune-pink-18-karat-segera-dilelang-diperkirakan-meraup-rp-528-miliar
Berlian The Fortune Pink dipasang pada sebuah cincin yang diapit oleh berlian putih besar di kedua sisinya, memiliki berat persis 18,18 karat (Sumber: The Australian)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

GENEVA, KOMPAS.TV - The Fortune Pink, batu permata raksasa yang sangat langka, akan dilelang di Jenewa pada November mendatang dengan perkiraan harga hingga US$35 juta, kata juru lelang Senin, (26/9/2022) seperti dilansir Straits Times.

Dengan berat lebih dari 18 karat, permata berwarna cerah itu adalah berlian merah muda berbentuk buah pir terbesar dari kualitasnya yang pernah ditawarkan untuk dijual di pelelangan, kata rumah lelang Christie's.

Berlian, yang dilelang untuk pertama kalinya pada 8 November, diperkirakan bernilai antara US$25 juta hingga US$35 juta.

Berlian berbentuk tetesan air mata merah muda berkilau, yang telah dipasang pada sebuah cincin yang diapit oleh berlian putih besar di kedua sisinya, memiliki berat persis 18,18 karat.

Christie's menyoroti bahwa ini dianggap sebagai angka keberuntungan di Asia, di mana itu menandakan "kemakmuran yang pasti", dengan mengatakan bahwa berlian itu diharapkan "mendapatkan minat dari kolektor di seluruh dunia".

"Beratnya 18,18 karat yang menguntungkan ... beratnya sebenarnya membawa keberuntungan bagi pemilik baru," kata Ms Angela Berden, spesialis perhiasan senior Christie.

Baca Juga: Mewahnya Imperial State Crown di Peti Elizabeth II: Dihiasi 2.868 Berlian, Pernah Jatuh ke Selokan

"Ini batu yang indah, sangat jarang menemukan berlian merah muda, berlian merah muda hidup, dengan ukuran ini," katanya.

"Saturasi warna batu ini... sangat sulit ditemukan di alam, dan kemudian ketika Anda menemukan kristal... dengan bobot itu, dengan warna itu, dan kejernihan yang sangat baik, itu sangat langka."

"Saya tidak tahu di mana menemukan yang lain saat ini."

Sementara Fortune Pink adalah berlian merah muda berbentuk buah pir terbesar yang akan dilelang, berlian merah muda berbentuk bantal yang lebih besar sebelumnya telah dilelang.

Pada tahun 2018, Christie's menjual Winston Pink Legacy 18,96 karat, yang meraup lebih dari US$50 juta - harga per karat tertinggi yang pernah dibayarkan untuk batu sejenis.

Berlian raksasa Raj Pink, dengan berat penuh 37,3 karat, sementara itu, gagal terjual di lelang Sotheby's setahun sebelumnya, di mana diperkirakan mencapai US$30 juta.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x