Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri Mutasi 11 Jenderal dan 19 Perwira Menengah, Termasuk yang Pimpin Sidang Etik Kasus Sambo

Senin, 26 September 2022 | 15:09 WIB
kapolri-mutasi-11-jenderal-dan-19-perwira-menengah-termasuk-yang-pimpin-sidang-etik-kasus-sambo
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi perwira di tubuh Polri, Senin (26/9/2022). (Sumber: Kompas TV)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi 11 jenderal, terdiri dari tujuh jenderal bintang satu dan empat jenderal bintang dua.

Mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram Nomor: ST/2046/IX/KEP/2022, yang dikonfirmasi Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo pada Senin (26/9/2022).

“Iya betul (terbit surat telegram-red),” kata Dedi, dinukil Antara.

Ia juga mengatakan, surat yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM, atas nama Kapolri, itu terbit pada Sabtu (24/9/2022).

Berikut nama 11 jenderal yang dimutasi tersebut:

1. Irjen Pol Budi Siswanto, Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka pensiun.

2. Irjen Pol Triwarno Atmojo, Widyaiswara Kepolisian Utama TK. I Sespim Lemdiklat Polri dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka pensiun.

Baca Juga: Kapolri Mutasi 30 Perwira: Ini Daftarnya, Termasuk Isi Jabatan Kapolres Jaksel yang Terseret Sambo


3. Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Sahlisosbud Kapolri dimutasikan sebagai Pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

4. Irjen Pol Juansih, Widyaiswara Kepolisian Utama TK. I Sespim Lemdiklat Polri dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka pensiun.

5. Brigjen Pol Rudi Pranoto, Wakapolda Kepri diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

6. Brigjen Pol Agus Suharnoko, Penyidik Tindak Pindana Utama TK. II BareskrimnPolri diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Kepri.

7. Brigjen Pol Darmawan, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK. I Sespim Lemdiklat Polri.

8. Brigjen Pol Hariyanto, Wakapolda Kaltim dimutasikan sebagai Pati Polda Kaltim dalam rangka pensiun.

9. Brigjen Pol Mujiyono, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Kaltim.

10. Brigjen Pol Agus Kurniady Sutisna, Wakapolda Aceh dimutasikan sebagai Pati Polda Aceh dalam rangka pensiun.

11. Brigjen Pol Syamsul Bahri, Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Aceh.

Selain memutasi 11 jenderal, Kapolri juga memutasi 19 perwira menengah, yang terdiri dari 17 Kombes dan dua AKBP.

Salah satu perwira menengah ditunjuk untuk mengisi posisi Kapolres Metro Jakarta Selatan yang kosong sejak Kombes Pol Budhi Herdi Susianto dinonaktifkan akibat terseret kasus Brigadir J.

Jabatan itu kini dipegang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, sebelumnya menduduki Kabaganev Robinopsnam Bareskrim Polri.

Sementara, Kombes Pol Sakeus Ginting yang beberapa waktu terakhir memimpin sidang pelanggaran kode etik perwira pertama Polri yang terlibat kasus Sambo, kini dipromosikan menjadi Sekretaris Biro Pertanggungjawaban (Sesrowabprof) Profesi Divisi Propam Polri.

Sebelumnya, Kombes Pol Sakeus Ginting menjabat sebagai Kabagstandar Rowabprof Divpropam.


Sumber : Kompas TV/Antara/Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x