Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Tolak Bala agar Dihindarkan dari Musibah, Diamalkan Usai Salat

Rabu, 21 September 2022 | 06:11 WIB
bacaan-doa-tolak-bala-agar-dihindarkan-dari-musibah-diamalkan-usai-salat
Ilustrasi doa. berikut ini doa tolak bala yang bisa kita amalkan (Sumber: jcomp/freepik)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam hidup, ada saja bahaya atau musibah yang bisa saja mengancam kehidupan kita. Doa tolak bala berikut ini bisa jadi ikhtiar batin agar Allah SWT senantiasa melindungi kita. 

Ustaz Alhafiz Kurniawan dari Lemba Bahtsul Masail (LBM) PBNU menjelaskan tentang amalan menolak musibah ini, sebuah amalan berupa doa tolak bala.

"Lafal doa ini diberi judul dengan Doa Selamat Lawan Tolak Bala.  doa ini berisi permohonan keselamatan kepada Allah daripada segala bencana dan ujian di dunia, serta siksa di akhirat," jelasnya dikutip dari situs resmi NU. 

Doa ini sering kita dengar dari orang-orang tua seusai shalat di mushala dan di masjid atau pada pembacaan tahlil, khususnya di wilayah Jobodebatek.

Adapun waktu membaca doa tolak bala ini bisa diamalkan usai salat wajib lima waktu.

Baca Juga: Amalan Doa agar Dimudahkan Mendapatkan Rezeki yang Halal

Baca Juga: Amalan Rabu Wekasan, Dilengkapi dengan Asal-Usul dan Penjelasannya Menurut Ulama

Doa Tolak Bala

Amalan Doa tolak bala (Sumber: Kompas TV)

Teks latin: All hummaftah lan abw bal khair, wa abw bal barakah, wa abw ban ni‘mah, wa abw bar rizqi, wa abw bal quwwah, wa abw bas shihhah, wa abw bas sal mah, wa abw bal ‘ fiyah, wa abw bal jannah. All humma ‘ fin min kulli bal ’id duny wa ‘adz bil khirah, washrif ‘ann bi haqqil Qur’ nil ‘azh m wa nabiyyikal kar m syarrad duny wa ‘adz bal khirah. Ghafarall hu lan wa lahum bi rahmatika y arhamar r him n. Subh na rabbika rabbil ‘izzati ‘an m yashif n, wa sal mun ‘alal mursal n, walhamdulill hi rabbil ‘ lam n.

Artinya:“Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah.

Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 55-56).

Itulah doa tolak bala yang bisa kita amalkan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi diri kita dan keluarga. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV/NU Online

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x