Kompas TV internasional kompas dunia

Kebaktian di Westminster Abbey Diakhiri Ratapan, Seluruh Inggris Mengheningkan Cipta 2 Menit

Kompas.tv - 19 September 2022, 18:38 WIB
kebaktian-di-westminster-abbey-diakhiri-ratapan-seluruh-inggris-mengheningkan-cipta-2-menit
Peti jenazah Ratu Elizabeth II dijunjung di dalam Gereja Westminster Abbey untuk prosesi upacara kebaktian, Senin (19/9/2022) petang waktu Indonesia. (Sumber: Phil Noble/Pool Reuters via AP)

LONDON, KOMPAS.TV - Upacara kebaktian pemakaman Ratu Elizabeth II di Gereja Westminster Abbey diakhiri sekitar pukul 12.00 waktu setempat atau Pukul 18.00, Senin (19/9/2022). Peti jenazah kemudian akan dibawa ke Wellington Arch untuk diantar ke Istana Windsor.

Jelang kebaktian di Westminster Abbey berakhir, seluruh Inggris Raya mengheningkan cipta selama dua menit untuk mengenang Ratu Elizabeth II.

Kebaktian pemakaman Ratu Elizabeth II dihadiri oleh keluarga kerajaan, termasuk Raja Charles III dan Pangeran William, serta tamu penting seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Baca Juga: Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II: Pusat Kota London Penuh, Banyak Warga Inggris Nonton Bareng


 

Upacara kebaktian ditutup dengan pemberkatan Diaken Westminster David Hoyle. Setelahnya, komposisi “Last Post” dimainkan oleh jajaran peniup terompet kerajaan.

Setelah mengheningkan cipta dua menit, peniup terompet kerajaan memecahkan keheningan dengan tiupan nada “Reveille”. Tiupan terompet ini lalu disambung dengan nyanyian lagu nasional Inggris Raya, “God Save the King”, menyesuaikan masa kepemimpinan Raja Charles III.

Prosesi upacara di Westminster Abbey ditutup dengan ratapan oleh peniup seruling sang ratu.

Setelah prosesi di Westminster Abbey, peti jenazah Ratu Elizabeth II dibawa keluar untuk diarak ke Wellington Arch. Dari sini, jenazah sang ratu akan diangkut menggunakan mobil jenazah ke Istana Windsor.

Baca Juga: Bentuk Penghormatan Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II, Kedubes Inggris di Jakarta Ditutup



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x