Kompas TV internasional kompas dunia

Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II: Pusat Kota London Penuh, Banyak Warga Inggris Nonton Bareng

Kompas.tv - 19 September 2022, 18:20 WIB
jelang-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-pusat-kota-london-penuh-banyak-warga-inggris-nonton-bareng
Ratusan pelayat tamu undangan kerajaan menundukkan kepala ketika peti jenazah Ratu Elizabeth II memasuki lokasi pemakaman di gereja Westminster Abbey, London, Senin (19/9/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

LONDON, KOMPAS.TV - Jenazah Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II, akan dimakamkan hari ini, senin (19/9/2022).

Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) London Dhita Mutiara Nabella mengungkapkan, ada banyak sekali masyarakat yang menghadiri prosesi pemakaman ratu yang telah bertakhta di Kerajaan Inggris selama 70 tahun itu.

Bahkan, kata dia, publik sudah tidak bisa lagi mendatangi titik kumpul utama, yakni di lokasi pemakaman sang ratu di gereja Westminster Abbey.

Oleh karena itu, masyarakat terbagi ke beberapa titik untuk mengikuti nonton bareng (nobar) pemakaman Ratu Elizabeth II melalui layar besar.

Koresponden KOMPAS TV di London Sofie Syarief juga melaporkan, titik nobar tersebut berjumlah banyak dan tersebar di seluruh kota London.

Ia menambahkan, seluruh media televisi juga menyiarkan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Baca Juga: Big Ben Berdentang 96 Kali saat Ratu Elizabeth II Diantar ke Westminster Abbey

Dhita menerangkan bahwa pemerintah menetapkan hari pemakaman Ratu Elizabeth II sebagai hari libur nasional.

Ia mengatakan, kegiatan selain sektor esensial dihentikan, sekolah diliburkan, dan toko-toko makanan tutup.

Akan tetapi kegiatan transportasi publik justru buka. Pemerintah Inggris dikabarkan berupaya memperlancar lalu lintas dengan menambah armada bus, maupun jalur kereta bawah tanah. 

Dhita menyebut, beberapa jalan ditutup untuk prosesi pemindahan jenazah Ratu Elizabeth II. Oleh karena itu juga, beberapa transportasi publik tidak bisa mencapai Westminster Abbey.

"Transportasi publik tetap buka untuk memudahkan masyarakat yang ingin hadir ke pusat kota untuk menyaksikan pemakaman Ratu Elizabeth II," ujar Dhita di Breaking News KOMPAS TV, Senin (19/9/2022).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x