Kompas TV regional berita daerah

Viral ! Video Istri Oknum Perangkat Desa di Blora Potong BLT BBM

Kompas.tv - 19 September 2022, 16:30 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Viral video yang merekam aksi dugaan pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM yang diduga dilakukan istri oknum perangkat desa di Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Dalam video berdurasi dua menit lebih itu, tampak sejumlah warga menyetorkan uang kepada seorang perempuan berbaju hijau usai mengambil bantuan di balai desa setempat. Permintaan uang itu dilakukan oleh istri salah satu perangkat desa di rumahnya sendiri.

Dalam video itu, sejumlah warga juga sempat mempertanyakan alasan pemotongan bantuan sebesar Rp 20.000 tersebut. Oknum tersebut mengaku, uang potongan tersebut sebagai biaya administrasi surat menyurat.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Blora, Indah Purwaningsih mengatakan, kasus dugaan pemotongan bantuan telah diselesaikan oleh aparat penegak hukum setempat. Saat ini, uang potongan tersebut juga telah dikembalikan kepada warga. Pihaknya memastikan tidak ada potongan apapun terkait BLT yang diberikan kepada masyarakat.

"Pelakunya bukan dari unsur KPM, tetapi istri salah satu Kadus disana. Dan pengumpulan uang tidak dilakukan di lokasi pada waktu pencairan uang, tetapi langsung dirumah pribadi istri Kadus yang kemarin di viralkan," jelas Indah Purwaningsih.

Indah juga menegaskan "Tidak boleh ada potongan-potongan administrasi seperti itu, apalagi ini bantuan murni".

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Blora ini meminta kepada masyarakat untuk melapor jika ada sejumlah oknum yang melakukan pemotongan terhadap bantuan sosial yang diberikan pemerintah.

#blt #viral #blora



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x