Kompas TV internasional kompas dunia

Fakta dan Angka Seputar Pemakaman Akbar Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris, Menakjubkan

Kompas.tv - 19 September 2022, 15:11 WIB
fakta-dan-angka-seputar-pemakaman-akbar-ratu-elizabeth-ii-dari-kerajaan-inggris-menakjubkan
Persiapan akhir untuk pemakaman Ratu Elizabeth II dari Inggris mulai berjalan. Inilah fakta dan angka seputar pemakaman Ratu Inggris yang bertakhta selama 70 tahun. (Sumber: Buckingham Palace via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV - Peristiwa seputar pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II hari Senin, (19/9/2022) menandai 10 hari berkabung nasional dan diperkirakan akan disaksikan oleh ratusan ribu orang yang memadati jalan-jalan London dan jutaan orang di seluruh dunia.

Itu hanya beberapa dari deretan angka mengejutkan dari wafatnya Ratu Inggris pada 96 tahun dan bertakhta selama 70 tahun.

Seperti laporan Associated Press, Senin (19/9/2022), berikut adalah beberapa catatan dan angka dari sekitar London dan seluruh Inggris Raya setelah wafatnya Ratu Elizabeth pada 8 September di Istana Balmoral, Skotlandia. 

Ratu Elizabeth II bagi kebanyakan rakyat Kerajaan Inggris adalah satu-satunya ratu yang pernah dikenal sepanjang hidup mereka.

Berikut fakta dan angka yang tercatat seperti laporan Associated Press, hari Jumat.

Baca Juga: Pemakaman Ratu Elizabeth II: Ratusan Orang Berkemah di London Demi Tempat Terbaik untuk Menyaksikan

Mahkota Kekaisaran Inggris Raya atau The Imperial State Crown diletakkan di atas peti jenazah Ratu Elizabeth II bersama Orb Kedaulatan dan tongkat kerajaan di Westminster Hall, London, Inggris Raya, Sabtu (17/9/2022). (Sumber: Carl Court/Pool Getty Images via AP)

2.000: Para pejabat dan tamu yang akan hadir di Westminster Abbey untuk pemakaman kenegaraan, mulai dari Raja Charles III dan bangsawan lainnya hingga para pemimpin dunia termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden hingga anggota masyarakat Inggris yang membantu memerangi pandemi Covid-19.

800: Para tamu di kebaktian pada upacara pemakaman di Kapel St George di Kastil Windsor.

5.949: Personel militer yang dikerahkan di seluruh operasi pemakaman, yang berjalan berdasarkan koreografi cermat yang dimulai dengan wafatnya ratu pada 8 September di Balmoral Estate di Dataran Tinggi Skotlandia.

Jumlah itu terdiri dari 4.416 personil angkatan darat, 847 angkatan laut dan 686 angkatan udara.

Selain itu, sekitar 175 personel angkatan bersenjata dari negara-negara Persemakmuran juga terlibat.

1.650: Setidaknya personel militer dalam jumlah itu akan terlibat langsung dalam prosesi penuh kemegahan untuk perjalanan jenazah Ratu Elizabeth II dari Westminster Abbey ke Wellington Arch, sementara 1.000 personil lainnya akan berbaris di jalan-jalan di sepanjang rute prosesi.

Ketika peti jenazah mencapai Istana Windsor, 410 personel militer akan ambil bagian dalam prosesi, 480 akan berbaris di jalan-jalan, 150 akan berada di barisan penjaga kehormatan dan tangga dan 130 lainnya akan memenuhi upacara lainnya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x