Kompas TV nasional peristiwa

Kenang Azyumardi Azra, Jusuf Kalla: Sosok yang Miliki Banyak Jasa pada Umat, Bangsa, dan Dunia

Minggu, 18 September 2022 | 20:08 WIB
kenang-azyumardi-azra-jusuf-kalla-sosok-yang-miliki-banyak-jasa-pada-umat-bangsa-dan-dunia
Jusuf Kalla (tengah) selepas salat Iduladha di lapangan Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (10/7/2022). Minggu (18/9/2022), JK menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra. (Sumber: Kompas TV)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra.

Di mata JK, Azra merupakan sosok yang memiliki banyak jasa, baik bagi bangsa dan umat, bahkan dunia internasional.

"Innalillahi wa Innailaihi rajiun, dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Professor Azyumardi Azra," kata JK dalam video yang diterima Kompas.TV, Minggu (18/9/2022).

"Di samping sebagai profesor beliau juga pernah menjadi Deputi dan Staf Khusus selama 10 tahun saya menjadi wapres. Begitu banyak jasa beliau kepada kita semua, pada umat, kepada bangsa dan dunia internasional."

JK menyebut Azra merupakan sosok yang sangat dihormati di kalangan intelektual dunia karena segudang keilmuan yang dimilikinya.

Dia mengatakan, mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut juga menjadi orang Indonesia pertama yang mendapat gelar Commander of the Order of British Empire (CBE).

Gelar ini merupakan sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris dan menjadi 'Sir' pertama dari Tanah Air.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu pun kemudian mendoakan agar arwah almarhum Azyumardi Azra ditempatkan di sisi Allah SWT.

“Oleh karena itu saya pribadi dan keluarga serta Dewan Masjid menyampaikan ucapan belasungkawa, dengan doa semoga arwah beliau mendapatkan tempat yang tinggi di sisi Allah SWT.”


Baca Juga: Dewan Pers: Prof Azyumardi Azra Sangat Perhatian terhadap Demokrasi Indonesia

Diberitakan sebelumnya, Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022).

Berdasarkan keterangan tertulis KBRI Kuala Lumpur, Azra mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang sejak 16 September 2022.

Pihak Rumah Sakit Serdang, menurut siaran pers KBRI, mengatakan Azyumardi Azra mengalami gangguan jantung yang membuat almarhum harus mendapatkan perawatan khusus di CCU.

Azyumardi Azra dinyatakan meninggal dunia pada Minggu siang tepatnya pukul 12.30 waktu Kuala Lumpur.

"Pihak Rumah Sakit Serdang telah menerbitkan penyebab kematian almarhum yaitu: Acute 
Inferior Myocardial Infarction
 atau terdapat kelainan pada jantung. Beliau meninggal di unit 
perawatan intensif bagi penderita gangguan pada jantung (CCU)," tulis KBRI Kuala Lumpur. 

Baca Juga: Profil Azyumardi Azra: Ketua Dewan Pers dan Orang Bergelar "Sir" Pertama dari Indonesia


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x