Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Rangkaian Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II Besok, Berakhir di Istana Windsor

Minggu, 18 September 2022 | 18:52 WIB
ini-rangkaian-upacara-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-besok-berakhir-di-istana-windsor
Koresponden Kompas TV di London, Inggris Raya, Anton Alifandi, saat menyampaikan laporan pada Minggu (18/9/2022) petang waktu Indonesia. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jenazah Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di London, Inggris Raya pada Senin (19/9/2022) besok. Upacara pemakaman akan dimulai sekitar pukul 11.00 waktu setempat atau 17.00 WIB.

Jenazah Ratu Elizabeth II sendiri saat ini masih disemayamkan di Westminster Hall. Warga rela mengantre berjam-jam untuk memberi penghormatan terakhir kepada sang ratu.

Menurut laporan koresponden Kompas TV di London, Anton Alifandi, para pelayat diberi kesempatan memberi penghormatan terakhir hingga Senin (19/9) pukul 6.30 pagi waktu London atau pukul 12.30 WIB.

Hari pemakaman Ratu Elizabeth II besok pun ditetapkan sebagai hari libur nasional Inggris Raya. 

Menurut Anton, rangkaian upacara pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) besok, dimulai dengan upacara kenegaraan yang dihadiri pejabat pemerintahan luar negeri hingga upacara kekeluargaan di Istana Windsor.

Baca Juga: Momen 8 Cucu Ratu Elizabeth II Jaga Peti Mati di Westminster Hall


"Upacara pemakaman akan dimulai pukul 17.00 WIB. Jenazah akan dibawa dari Westminster Hall ke Westminster Abbey, ratusan meter jaraknya," kata Anton dalam program "Kompas Petang" Kompas TV, Minggu.

"Jenazah akan dibawa pukul 10.45 waktu London atau 16.45 WIB."

Upacara di Westminster Abbey akan dihadiri 2.000 orang, termasuk 500 pejabat undangan dari luar negeri.

Sementara itu, masyarakat bisa mengikuti prosesi pemakaman usai upacara di Westminster Abbey selesai.

Sekitar pukul 18.00 WIB, jenazah Elizabeth II akan dibawa dari Westminster Abbey ke rumah mendiang Duke of Wellington.

Kemudian, rangkaian upacara pemakaman Elizabeth II mencapai akhiran di Istana Windsor. Jenazah akan dimakamkan di Kapel St. George, Istana Windsor dengan upacara yang dihadiri keluarga kerajaan.

Sejumlah pemimpin luar negeri sendiri telah tiba di Inggris untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan tiba di London pada Sabtu (17/9) malam waktu setempat.

Baca Juga: Teka-Teki Simbol Rahasia di Sepatu Meghan Markle saat Penghormatan Ratu Elizabeth II, Ini Jawabannya

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x