Kompas TV nasional peristiwa

Jenazah Azyumardi Azra Diusahakan Segera Dipulangkan, Jusuf Kalla Sediakan Pesawat Khusus

Kompas.tv - 18 September 2022, 17:40 WIB
jenazah-azyumardi-azra-diusahakan-segera-dipulangkan-jusuf-kalla-sediakan-pesawat-khusus
Jenazah Ketua Dewan Pers Indonesia Azyumardi Azra segera dipulangkan ke tanah air. (Sumber: KOMPAS.com/Kristian Erdianto)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra saat ini tengah dalam penanganan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia untuk dapat segera dipulangkan ke tanah air.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dalam keterangannya hari ini, Minggu (18/9/2022), mengatakan berdasarkan pembicaraannya dengan Duta Besar RI di Kuala Lumpur, Malaysia, jenazah Azra masih dalam proses pemandian dan pengapanan di Rumah Sakit Serdang.

"KBRI sudah melapor ke Kemlu (Kementerian Luar Negeri), dan Menlu (Retno Marsudi) sudah lapor ke Mensesneg untuk dilapor ke Presiden (Jokowi)," kata Din dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS TV, Minggu. 

Sementara terkait mekanisme pemulangan jenazah, Din menyebut sedang dipertimbangkan apakah menggunakan pesawat reguler atau pesawat khusus.

Bahkan, kata dia, Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla juga telah menyediakan pesawat khusus untuk pemulangan jenazah Azyumardi Azra ke Indonesia. 

"Pak Jusuf Kalla sudah menyediakan pesawat khusus," ujarnya.


Baca Juga: Azyumardi Azra Meninggal Dunia karena Acute Inferior Myocardial Infarction

Lebih lanjut, Din Syamsuddin mengatakan, jenazah cendikiawan muslim Indonesia ini diharapkan dapat disemayamkan pada malam ini. 

"Diharapkan jenazah dapat disemayamkan di UIN Jakarta malam ini untuk pemakaman besok," ucap dia. 

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x