Kompas TV nasional update

Azyumardi Azra Meninggal Dunia karena Acute Inferior Myocardial Infarction

Kompas.tv - 18 September 2022, 16:23 WIB
azyumardi-azra-meninggal-dunia-karena-acute-inferior-myocardial-infarction
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meningga dunia di Malaysia, Minggu (18/9/2022) pukul 11.30 WIB. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022). Pihak rumah sakit telah menerbitkan penyebab kematian almarhum yaitu, acute inferior myocardial infarction.

 

"Pihak Rumah Sakit Serdang telah menerbitkan penyebab kematian almarhum yaitu, Acute Inferior Myocardial Infarction atau terdapat kelainan pada jantung," kata Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia, dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.TV, Minggu.

"Beliau meninggal di unit perawatan intensif bagi penderita gangguan pada jantung (CCU)."

KBRI Kuala Lumpur mengatakan, mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu meninggal dunia pada Minggu, 18 September 2022 sekitar pukul 12.30 waktu Kuala Lumpur di Rumah Sakit Serdang di Selangor, Malaysia.

Baca Juga: Profil Azyumardi Azra: Ketua Dewan Pers dan Orang Bergelar "Sir" Pertama dari Indonesia


Diketahui, kedatangan Prof Azumardi Azra di Malaysia adalah untuk menjadi narasumber pada Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September 2022 yang diselenggarakan oleh Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM).

Berdasarkan keterangan tertulis KBRI Kuala Lumpur, almarhum mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Serdang sejak 16 September 2022.

Prof Azra sempat mengalami sesak napas dalam penerbangan menuju Kuala Lumpur.

"Saat akan tiba di bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) sempat berkomunikasi dengan pihak (Angkatan Belia Islam Malaysia/ABIM) yang melakukan penjemputan. Selanjutnya beliau langsung dibawa menuju Serdang Hospital untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," bunyi siaran pers KBRI.

Pihak Rumah Sakit Serdang, menurut siaran pers KBRI, mengatakan Prof Azra mengalami gangguan jantung yang membuat almarhum harus mendapatkan perawatan khusus di CCU.

Pihak rumah sakit menyampaikan telah berupaya memberikan penanganan medis bagi kesembuhan almarhum.

Istri dan anak Prof Azyumardi Azra telah tiba di Kuala Lumpur pada 17 September 2022 untuk menjenguk di Rumah Sakit Serdang.

Saat ini KBRI Kuala Lumpur sedang mengurus penanganan jenazah Prof Azra lebih lanjut.

Baca Juga: Kronologi Meninggalnya Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x