Kompas TV olahraga sepak bola

Kronologi Bonek Geruduk Kantor Persebaya hingga Chaos, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Kompas.tv - 16 September 2022, 08:42 WIB
kronologi-bonek-geruduk-kantor-persebaya-hingga-chaos-polisi-tembakkan-gas-air-mata
Potret kantor Persebaya Surabaya pada aksi kerusuhan Bonek yang geruduk manajemen Persebaya, Kamis (15/9/2022) malam (Sumber: KOMPAS.com/SUCI RAHAYU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

SURABAYA, KOMPAS.TV - Ratusan Bondo Nekat (Bonek), suporter Persebaya Surabaya, merangsek menuju kantor manajemen Persebaya Surabaya yang di berada di kawasan Mall Surabaya Town Square (Sutos), Jawa Timur pada Kamis (15/9/2022) malam.

Aksi tersebut merupakan gelombang kekecewaan pendukung Persebaya Surabaya pascakekalahan dari RANS Nusantara FC pada pekan ke-10 Liga 1 2022-2023, Kamis (15/9/2022).

Setelah Stadion Gelora Delta Sidoarjo menjadi pelampiasan kekecewaan, massa melanjutkan aksi di pusat Kota Surabaya dengan tujuan utama kantor manajemen Persebaya.

Polisi pun harus melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan massa. 

Kronologi

Kejadian terjadi sekitar pukul 19.20 WIB. Kantor manajemen Persebaya Surabaya yang terletak di Sutos (Surabaya Town Square) didatangi suporter.

Lantsa, para suporter tidak mendapatkan yang mereka cari, suporter bergerak menuju ke mess pemain.


 

Ketika didatangi, mess dalam keadaan kosong, massa kemudian kembali ke kantor manajemen dengan jumlah yang lebih banyak.

Pada kali kedua terjadi dialog antara wakil manajemen Persebaya dengan perwakilan suporter yang dikawal langsung pihak keamanan.

Dari pertemuan tersebut, manajemen Persebaya bersedia mengambil sikap untuk memenuhi suara suporter. Namun setelah pertemuan sekitar pukul 21.10 WIB, situasi lantas berubah.

Situasi disebut mendadak chaos pada waktu tersebut.

"Reaksi suporter malah melakukan pemukulan, maupun perusakan. Kami terpaksa tindakan represif," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan (Kamis 15/9/2022) malam dikutip dari Kompas Pagi.

Baca Juga: Aji Santoso Ungkap Biang Kerok Kekalahan Persebaya yang Bikin Bonek Ngamuk dan Merusak



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x