Kompas TV olahraga sepak bola

Kualifikasi Piala Asia U20 2023: Shin Tae-yong Hanya Bawa Satu Bek Kiri, Cukupkah?

Kompas.tv - 14 September 2022, 09:56 WIB
kualifikasi-piala-asia-u20-2023-shin-tae-yong-hanya-bawa-satu-bek-kiri-cukupkah
Dua pemain Timnas U20 Indonesia, Kakang Rudianto (kiri) dan Barnabas Sobor (kanan). (Sumber: Instagram,com/barnabassoborbitaba29)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U20 Indonesia Shin Tae-yong hanya menyertakan satu pemain berposisi asli bek kiri untuk Kualifikasi Piala Asia U20 2023. 

Sebanyak 23 pemain telah dipilih Shin Tae-yong untuk gelaran Kualifikasi AFC U20 2023 yang berlangsung di Surabaya mulai 14-18 September 2022. 

Namun, juru taktik asal Korea Selatan itu membuat kejutan dengan hanya menyertakan satu bek kiri. Pemain yang dimaksud adalah Barnabas Sobor. 

Dua bek kiri lainnya, Edgard Amping dan Mikael Tata yang turut berpartisipasi di Piala AFF U19 2022 Juli silam, dicoret Shin Tae-yong. Lain itu, Subhan Fajri mengalami cedera. 

Baca Juga: Jelang Timnas U20 Indonesia vs Timor Leste, Pelatih Lawan Tak Punya Strategi Khusus

Klub Subhan, Dewa United juga mengonfirmasi bahwa sang pemain harus menjalani operasi untuk pemulih cederanya. 

Sejatinya, ada sosok Frengky Missa yang juga bisa dimainkan sebagai bek kiri. Tetapi, Frengky hanya pernah bermain sebagai full back kiri sebanyak 1 kali bersama klubnya Persija Jakarta. Dirinya lebih kerap difungsikan sebagai bek kanan. 

Demi mengakomodir taktiknya, Shin Tae-yong sempat menyebut skuad Garuda Nusantara memang harus bisa multiposisi. 

"Kecuali tiga pemain belakang kami yang tidak bisa berubah posisi. Saya ingin setiap pemain harus bisa bermain di setiap posisi," kata Shin Tae-yong saat Piala AFF U-19 2022 lalu, dikutip dari Bolasport.com. 

"Mereka harus bergerak dan cari ruang kosong dan itu-lah taktik kami," ujarnya.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U20: Lawan Indonesia, Timor Leste Tidak Ingin Terbawa Emosi

Sementara itu, sebagai satu-satunya bek kiri murni Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U20 2023, Barnabas Sobor berjanji membayar kepercayaan Shin Tae-yong. 

"Bersyukur ya, kebetulan kalau saya bisa dipercayakan oleh Shin Tae-yong maka saya akan menunjukkan yang terbaik," ujar Barnabas Sobor.



Sumber : BolaSport


BERITA LAINNYA



Close Ads x