Kompas TV nasional news or hoax

Hoaks Perayaan Maulid Nabi di Arab Saudi | NEWS or HOAX

Kompas.tv - 14 September 2022, 07:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar unggahan sebuah video yang diklaim memperlihatkan perayaan Maulid Nabi Muhammad di Arab Saudi. Terlihat bendera negara Arab Saudi berukuran raksasa yang dibentangkan di langit menggunakan helicopter.

Dari hasil pencarian image video tersebut, foto tersebut identik dengan unggahan sebuah akun Instagram. Terlihat bendera Arab Saudi berukuran raksasa yang dibentangkan di langit menggunakan helicopter, terlihat juga simbol hati di langit. Foto-foto tersebut diunggah pada 23 September 2021 lalu, dengan caption berbahasa Arab yang berarti “selamat hari nasional Saudi, untuk semua orang yang berada di negara ini. Begitu menyenangkan dan menginspirasi.

Video serupa juga ditemukan di youtube yang diunggah pada 23 September 2021 dengan judul Arab Saudi merayakan hari nasional ke-91”. Terlihat kesamaan bendera berukuran raksasa yang dibentangkan di langit menggunakan helicopter.

Jadi, narasi yang beredar pada video yang menyatakan perayaan Maulid Nabi Muhammad di Arab Saudi adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x