Kompas TV regional berita daerah

Diduga Lapar, Kera Ekor Panjang Masuk Permukiman Warga

Kompas.tv - 13 September 2022, 09:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Diduga kelaparan, kawanan kera ekor panjang masuk ke permukiman warga. Puluhan ekor kera ini berlarian menyeberang jalan untuk berpindah tempat mencari makanan di sekitar perkampungan di Padukuhan Glagah, Kelurahan Kemiri, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Diduga kawanan kera ekor panjang ini masuk ke perkampungan lantaran persediaan makanan di hutan tidak ada, akibat musim kemarau. Selain itu, banyak hutan yang mulai terjamah oelh masyarakat membuat habitat kera ekor panjang juga terganggu.

Warga setempat yang banyak berprofesi sebagai petani mengeluhkan hal ini. Lantaran banyak tanaman pertanian yang seharusnya siap panen habis diambil kera.  Selain itu, banyak kera yang juga berkeliaran hingga ke jalan raya dan membahayakan pengendara yang melintas.

"Itu ada tanaman terong diserang, sini jalur utama mas. Tidurnya di mana tidak tahu, tapi kalo pagi dari barat ke timur. Meresahkan sekali," ujar Jumino, warga sekitar.

Pihak desa sudah melaporan kejadian ini ke pihak-pihak terkait, untuk meminta upaya dinas terkait, agar tanaman milik petani tidak lagi dirusak. Selain itu, juga agar habitat kera ekor panjang ini menjadi perhatian pemerintah, sehingga tidak lagi masuk ke permukiman warga.

#gunungkidul #keraekorpanjang #yogyakarta

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x