Kompas TV olahraga sepak bola

Ratu Elizabeth II Pernah Dampingi Timnas Inggris Jadi Juara Piala Dunia 1966

Kompas.tv - 9 September 2022, 15:06 WIB
ratu-elizabeth-ii-pernah-dampingi-timnas-inggris-jadi-juara-piala-dunia-1966
Pangeran Philip mendampingi Ratu Elizabeth II saat menyerahkan Trofi Jules Rimet usai Timnas Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966. (Sumber: BBC)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Peran Ratu Elizabeth II untuk dunia sepak bola akan selalu dikenang, khususnya oleh warga Inggris. 

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022) dalam usia 96 tahun dan memegang status sebagai pemimpin monarki terlama di Inggris selama 70 tahun.

Bagi Timnas Inggris, Ratu Elizabeth II akan selalu dikenang sebagai tokoh yang menganugerahkan trofi juara Piala Dunia pertama dan satu-satunya untuk The Three Lions.

Dia memberikan piala kepada kapten Inggris, Bobby Moore, usai menjuarai final Piala Dunia 1966 kontra Jerman Barat di Wembley (4-2).

Saat itu, Ratu Elizabeth II memasuki tahun ke-13 setelah pengangkatannya, namun hubungan Ratu dengan sepak bola Inggris sudah terjalin jauh sebelum itu.

Baca Juga: Manchester United vs Arsenal: Debut Antony di Manchester United Ciptakan Sejarah di Liga Inggris

Dikutip dari Sky, Kamis (8/9), pertandingan pertama yang dia saksikan secara langsung setelah penobatannya adalah final Piala FA 1953 antara Blackpool vs Bolton.

Namun, saat masih berstatus sebagai seorang Putri di Istana Buckingham, perempuan pehobi olahraga berkuda itu juga pernah menyaksikan pertandingan Chelsea di stadion.

Ratu Elizabeth II sendiri tidak pernah mengutarakan secara gamblang klub mana yang dia dukung. Tetapi, sejumlah laporan menyebut dia dekat dengan West Ham, Millwall, hingga Arsenal.

Khusus soal relasinya dengan Arsenal, Ratu pernah mengundang skuad The Gunners ke Buckingham setelah dia batal menghadiri seremoni pembukaan Stadion Emirates pada 2007.

Sebagai ganti dari acara tersebut, pihak Istana mengundang Thierry Henry dan kawan-kawan.

"Sungguh menyenangkan. Saya tak punya kata-kata untuk menggambarkan pengalaman yang diberikan Ratu kepada kami," kata Henry kala itu, dikutip dari Sky via BolaSport.



Sumber : Sky/BolaSport


BERITA LAINNYA



Close Ads x