Kompas TV internasional kompas dunia

Raja Charles III, Raja Baru Inggris akan Pidato Besok, Anggota Parlemen pun Bersumpah Setia

Jumat, 9 September 2022 | 09:39 WIB
raja-charles-iii-raja-baru-inggris-akan-pidato-besok-anggota-parlemen-pun-bersumpah-setia
Raja Charles III, raja baru Inggris setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia, menurut berbagai laporan akan berpidato besok, Sabtu, (10/9/2022) (Sumber: Hugo Burnand/Getty/People Magazine)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Redaksi Kompas TV

LONDON, KOMPAS.TV - Raja Charles III, raja baru Inggris setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia, menurut berbagai laporan akan berpidato besok, Sabtu, (10/9/2022) seperti dikutip BBC hari Jumat, (9/9/2022).

Beberapa hari ke depan juga akan terlihat persiapan pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II dan transisi pemerintahan Raja Inggris raya yang baru, Raja Charles III.

Seperti laporan BBC, hari Jumat ini, (9/9/2022) kemungkinan kegiatan akan termasuk kegiatan penghormatan senjata kenegaraan, Raja Charles III dan Ratu Camilla kembali ke London dan Raja baru mengadakan audiensi pertamanya dengan Perdana Menteri baru Liz Truss.

Dewan Aksesi Kerajaan, pertemuan seremonial untuk proklamasi resmi Raja baru, diperkirakan akan diadakan pada hari Sabtu, (10/9/2022).

Perhelatan acara nasional ini, di samping perkabungan publik, akan mulai dilaksanakan.

Anggota parlemen akan memiliki kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II di House of Commons besok.

Juga akan ada kegiatan yang langka di akhir pekan ini, di mana anggota parlemen senior akan mengambil sumpah setia kepada Raja Charles III mulai pukul 14:00.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Ini yang akan Terjadi di Inggris di Hari-Hari ke Depan

Foto Ratu Inggris Elizabeth II bulan Juli 2022 saat acara resmi di Berkshire. Raja Charles III, raja baru Inggris setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia, menurut berbagai laporan akan berpidato besok, Sabtu, (10/9/2022). (Sumber: BBC/PA Media)

Mereka akan duduk mulai tengah hari dalam sesi yang dijadwalkan berlangsung hingga pukul 22:00.

Setelah itu perkabungan akan dilanjutkan lagi hingga pukul 22.00.

Di pusat kota London, warga makin banyak berkumpul di luar Istana Buckingham untuk memberi penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II.

Rakyat Inggris secara sporadis menyanyikan lagu kebangsaan dan memberi tepuk tangan meriah.

Banyak anggota masyarakat mulai meninggalkan bunga di gerbang istana sebelum berita kematiannya diumumkan.

Bendera Inggris di Istana kemudian diturunkan menjadi setengah tiang dan banyak lainnya bergabung dengan pelayat di The Mall untuk memberi penghormatan kepada pemangku takhta terlama dalam sejarah Inggris.

Ratu Elizabeth II memerintah lebih lama dari raja lain dalam sejarah Inggris. Dia melakukan ratusan kegiatan resmi setiap tahun, pernah melakukan lebih dari 400 kegiatan per tahun selama beberapa tahun saat masih bugar dan trengginas.

Kegiatan tersebut termasuk menjamu kepala negara di Inggris, membuka sesi baru Parlemen, memberikan penghargaan kepada warga negara dan menghadiri upacara resmi seperti Trooping the Colour, parade ulang tahun resminya.

Mendiang Ratu Elizabeth juga bepergian lebih sering daripada raja lainnya, mengunjungi lebih dari 120 negara, dan menjadi pelindung lebih dari 600 badan amal dan organisasi.



Sumber : Kompas TV/BBC

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x