Kompas TV internasional kompas dunia

Raja Inggris yang Baru Charles III Mengeluarkan Pernyataan Berkabung, Disusul Pernyataan PM Inggris

Kompas.tv - 9 September 2022, 01:46 WIB
raja-inggris-yang-baru-charles-iii-mengeluarkan-pernyataan-berkabung-disusul-pernyataan-pm-inggris
Pangeran Charles menjadi raja Inggris yang baru, Raja Charles III. Pewaris tahta kerajaan Inggris usai Ratu Elizabeth II mangkat. Mereka adalah Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran George (Sumber: BBC)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BALMORAL, KOMPAS.TV - Sebuah pernyataan baru saja dikeluarkan oleh Keluarga Kerajaan atas nama Charles III, Raja Inggris yang baru,  seperti laporan BBC, Jumat (9/9/2022).

Menyusul kabar ratu Elizabeth meninggal dunia, Raja Charles III menulis, "Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya."

"Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai."

"Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Persemakmuran dan oleh banyak orang di seluruh dunia."

"Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana Ratu dicintai secara luas."

Bendera di Istana Buckingham diturunkan menjadi setengah tiang pada pukul 18.30 waktu London.

Saat berita kematian Ratu diumumkan, ratusan orang berkumpul di luar gerbang Istana Buckingham dan Balmoral. Beberapa terlihat mulai menangis. Sebuah helikopter mengitari langit di atas.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 tahun

PM Inggris Liz Truss mengeluarkan pernyataan resmi menyusul wafatnya Ratu Elizabeth II, "Hari ini Mahkota kerajaan berganti, seperti yang telah terjadi selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara kita yang baru, Yang Mulia Raja Charles III." (Sumber: Tass/Russian Foreign Ministry)

Perdana Menteri Liz Truss mengatakan Ratu Elizabeth II meninggalkan "warisan besar".

"Hari ini Mahkota kerajaan berganti, seperti yang telah terjadi selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara kita yang baru, Yang Mulia Raja Charles III."

"Dengan keluarga Raja, kami berduka atas kehilangan ibunya dan berkumpul bersama beliau."

"Kami menawarkan kepadanya kesetiaan dan pengabdian kami, sama seperti ibunya yang sangat mengabdi kepada kami selama ini."

Dia menyelesaikan pernyataannya dengan mengatakan itu adalah "berlalunya zaman Elizabeth kedua".

Truss menyimpulkan dengan mengatakan, "God Save the King."

 



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x