Kompas TV internasional kompas dunia

Serba-serbi Takhta Kerajaan Inggris, Pekerjaan Raja, Anggota Keluarga dan Tempat Tinggal

Jumat, 9 September 2022 | 03:46 WIB
serba-serbi-takhta-kerajaan-inggris-pekerjaan-raja-anggota-keluarga-dan-tempat-tinggal
Foto Ratu Inggris Elizabeth II bulan Juli 2022 saat acara resmi di Berkshire. Ratu Elizabeth II meninggal dunia hari Kamis (8/9/2022) di Istana Balmoral, Skotlandia.  (Sumber: BBC/PA Media)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia pada hari Kamis (8/9/2022) di Istana Balmoral, Skotlandia, dikelilingi anggota inti keluarga kerajaan Inggris seperti Pangeran Charles yang kini menjadi raja, bersama istrinya Camilla, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran Edward, dan Pangeran William putra pangeran Charles. Pangeran Harry dilaporkan masih dalam perjalanan.

Takhta Kerajaan Inggris saat ini dipegang oleh Pangeran Charles sebagai Raja Charles III menyusul mangkatnya Ratu Elizabeth II dan berdiri di pucuk tertinggi sistem monarki konstitusional, menunggu formalitas pelantikan.

Meski Ratu atau Raja Inggris adalah kepala negara, kekuasaannya bersifat simbolis dan seremonial, dan dia tetap netral secara politik seperti laporan BBC, Kamis (8/9/2022).

Ratu atau Raja Inggris menerima kiriman harian dari pemerintah dalam kotak kulit merah, seperti pengarahan sebelum rapat penting atau dokumen yang memerlukan tanda tangannya.

Liz Truss saat ini adalah perdana menteri ke-15 di bawah pemerintahan Ratu Inggris.

Perdana menteri biasanya bertemu dengan Ratu pada hari Rabu di Istana Buckingham untuk memberi tahu dia tentang masalah pemerintah.

Pertemuan-pertemuan ini sepenuhnya tertutup dan tidak ada catatan resmi tentang apa yang dikatakan maupun dibicarakan.

Baca Juga: BREAKING NEWS - Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 tahun

Pemimpin Partai Konservatif, Liz Truss (kanan) menjabat tangan Ratu Elizabeth II di Puri Balmoral, Skotlandia, Selasa (6/9/2022). Truss dilantik sebagai perdana menteri baru Inggris Raya dalam kesempatan ini. (Sumber: Jane Barlow/Pool PA via AP)

Raja juga melakukan sejumlah fungsi Parlemen:

Menunjuk Pemerintahan

Pemimpin partai yang memenangkan pemilihan umum biasanya dipanggil ke Istana Buckingham, di mana mereka secara resmi diundang untuk membentuk pemerintahan.

Ratu juga secara resmi membubarkan pemerintahan sebelum pemilihan umum

Pembukaan Masa Sidang Parlemen dan Pidato Ratu

Ratu memulai tahun Parlemen dengan upacara Pembukaan Negara, di mana ia menetapkan rencana kebijakan pemerintah, dalam pidato yang disampaikan dari takhta di House of Lords atau majelis tinggi parlemen.

Pangeran Charles menyampaikan Pidato Ratu tahun 2022 atas nama Ratu Elizabeth atas perintah Ratu.

Persetujuan Kerajaan

Ketika sebuah undang-undang disahkan melalui Parlemen, itu harus secara resmi disetujui oleh Ratu untuk menjadi undang-undang. Terakhir kali Persetujuan Kerajaan ditolak adalah pada tahun 1708.

Selain itu, Ratu memiliki audiensi reguler dengan anggota Dewan Penasihat, menjamu kepala negara yang berkunjung, dan bertemu dengan duta besar asing dan komisaris tinggi yang berbasis di Inggris.

Dia juga biasanya memimpin acara Remembrance tahunan di Cenotaph di London.

Ratu adalah Pelindung Kerajaan atau presiden lebih dari 600 badan amal, asosiasi militer, badan profesional, dan organisasi layanan publik.

Baca Juga: Kondisi Ratu Elizabeth II Kritis, Begini Kata PM Inggris Liz Truss

Bendera Kebangsawanan monarki Inggris Raya. Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia hari Kamis, (8/9/2022) di istana Balmoral, Skotlandia dikelilingi anggota inti keluarga kerajaan Inggris seperti Pangeran Charles yang kini menjadi raja, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran Edward, dan Pangeran William putra pangeran Charles. Pangeran Harry dilaporkan masih dalam perjalanan. (Sumber: Wikipedia)

Pemegang takhta kerajaan Inggris juga kepala negara untuk belasan negara lainnya, yaitu Antigua and Barbuda, Australia, Bahama, Barbados, Belize, Kanada, Grenada, Jamaika, Selandia Baru, Papua Niugini, Saint Kitts and Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent and the Grenadines, Kepulauan Solomon, Tuvalu, dan tentu kerajaan Inggris Raya sendiri.

Tetapi sejak Barbados menjadi republik, pada tahun 2021, sejumlah negara Karibia lainnya, termasuk Antigua dan Barbuda, Bahama, Jamaika dan St Kitts dan Nevis telah mengisyaratkan mereka berniat untuk mengikutinya.

Berapa banyak anak dan cucu yang dimiliki Ratu? Dan bagaimana suksesi kerajaan bekerja?

Ratu menikah dengan mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal pada April 2021, selama lebih dari 73 tahun. Mereka memiliki empat anak, delapan cucu dan 12 cicit.

Pangeran Charles adalah anak pertama, diikuti oleh Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward.

Urutan suksesi menetapkan anggota keluarga kerajaan mana yang mengambil alih sebagai raja ketika pemegang takhta meninggal atau turun takhta. Baris pertama pewaris takhta adalah anak tertua raja.

Aturan suksesi kerajaan diubah pada tahun 2013 untuk memastikan bahwa anak laki-laki tidak lagi didahulukan dari kakak perempuan mereka.

Baca Juga: Keluarga Kerajaan Bergegas Berkumpul di Sisi Ratu Inggris usai Kesehatannya Dilaporkan Turun Drastis

Ilustrasi. Pangeran Charles duduk di takhta emas di bilik House of Lords ketika pertemuan parlemen di London, Inggris Raya, 10 Mei 2022. (Sumber: Ben Stansall/Pool AFP via AP)

Pangeran Charles adalah pewaris Ratu. Putra tertuanya, Pangeran William, berada di urutan kedua pewaris takhta, dan anak tertua William, Pangeran George, berada di urutan ketiga.

Pangeran Charles akan bertindak sebagai "Adipati" jika kesehatan yang buruk menghalangi ibunya untuk menjalankan tugasnya.

Namun kini dengan wafatnya Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles otomatis menjadi raja Inggris, menunggu pelantikan resmi.

Prince of Wales (Pangeran Charles) adalah anak tertua Ratu dan akan menjadi raja setelah kematian Ratu Elizabeth II. Charles menikah dengan Duchess of Cornwall (Camilla). 

Duke of Cambridge (Pangeran William) adalah putra tertua Pangeran Charles dan istri pertamanya, Diana, Putri Wales.

Pangeran William menikah dengan Duchess of Cambridge (Catherine). Mereka memiliki tiga anak: Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

Putri Kerajaan (Putri Anne) adalah anak kedua Ratu dan putri satu-satunya. Dia menikah dengan Wakil Laksamana Timothy Laurence.

Putri Anne memiliki dua anak dengan suami pertamanya, Kapten Mark Phillips: Peter Phillips dan Zara Tindall.

Baca Juga: Jokowi Beri Ucapan Selamat ke PM Baru Inggris Liz Truss: Mari Bekerja Sama Perkuat Kemitraan

Pewaris tahta kerajaan Inggris usai Ratu Elizabeth II mangkat. Mereka adalah Pangeran Charles, Pangeran William, dan pangeran George. (Sumber: BBC)

Earl of Wessex (Pangeran Edward) adalah anak bungsu Ratu. Ia menikah dengan Countess of Wessex (Sophie Rhys-Jones). Mereka memiliki dua anak: Louise dan James Mountbatten-Windsor.

Duke of York (Pangeran Andrew) adalah putra kedua Ratu. Dia memiliki dua putri dengan mantan istrinya, Duchess of York (Sarah Ferguson), yaitu Putri Beatrice dan Putri Eugenie.

Pangeran Andrew mengundurkan diri sebagai "bangsawan yang bekerja" pada tahun 2019 setelah wawancara Newsnight yang kontroversial tentang tuduhan bahwa dia telah melakukan pelecehan seksual terhadap Virginia Giuffre.

Pada Februari 2022, dia membayar jumlah yang tidak diungkapkan untuk menyelesaikan kasus penyerangan seksual sipil yang diajukan Guiffre terhadapnya di AS.

Duke of Sussex (Pangeran Harry) putra kedua pangeran Charles dan adik dari pangeran William.

Pangeran Harry menikah dengan Duchess of Sussex (Meghan Markle). Mereka memiliki dua anak: Archie dan Lilibet.

Baca Juga: Pangeran Charles Sampaikan Pesan Mendalam untuk Rakyat Ukraina

Ratu Elizabeth II saat meresmikan sebuah gedung baru di Rumah Sakit Thames, Maidenhead, Inggris (15/7/2022). Pada Kamis (8/9/2022), Istana Buckingham mengumumkan bahwa sang ratu berada dalam pengawasan medis dan para dokternya prihatin atas kondisi kesehatannya.. (Sumber: Kirsty OConnor/Pool Photo via AP, File)

Pada tahun 2020, mereka mengumumkan bahwa mereka mundur sebagai bangsawan senior dan pindah ke Amerika Serikat.

Kediaman resmi Ratu di London adalah Istana Buckingham, tetapi pada Maret 2022, dilaporkan bahwa Kastil Windsor di Berkshire akan menjadi rumah permanen Ratu Inggris.

Properti Ratu lainnya termasuk Rumah Sandringham di Norfolk dan Kastil Balmoral di Aberdeenshire, Skotlandia tempat ia menghabiskan musim panas secara tradisional.

Pangeran Charles dan Duchess of Cornwall tinggal di Clarence House di London dan di Highgrove di Gloucestershire.

Pangeran William dan Catherine, Duchess of Cambridge, pindah dari Istana Kensington di London barat untuk tinggal di Adelaide Cottage, di kawasan kastil Windsor .

Pangeran Harry dan Meghan Markle tinggal di California tetapi baru-baru ini kembali ke Inggris untuk pertama kalinya sejak perayaan Queen's Platinum Jubilee.


Sumber : Kompas TV/BBC/Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


SINAU

Manasin Motor Tuh Gunanya Apa Sih? | SINAU

Minggu, 22 Januari 2023 | 09:00 WIB
Close Ads x