Kompas TV brandsight

Berbekal Video Pendek Edukatif, Para Content Creator Ini Dapat Uang Puluhan Juta Rupiah!

Rabu, 7 September 2022 | 19:49 WIB
berbekal-video-pendek-edukatif-para-content-creator-ini-dapat-uang-puluhan-juta-rupiah
Dari kiri ke kanan: Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto, Yuki Kato, Abdul Wahid selaku Juara 2 dan Nur Akmal Nasrullah sang juara CreaVid Competition. (Sumber: Dok. LPS)

Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TV – Ratusan video pendek bertema literasi keuangan dalam beberapa waktu terakhir makin menjamur terutama di platform Youtube. Di tengah era digitalisasi, video pendek kreatif dapat menjadi salah satu sarana mengedukasi masyarakat terkait literasi keuangan.

Karena dikemas secara ringan dan menarik, video pendek edukatif banyak dipilih menjadi media pembelajaran masyarakat, khususnya generasi muda. Hal ini disadari oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang berkomitmen menjaga stabilitas keuangan nasional.

Sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan KG Media berkolaborasi mengadakan CreaVid Competition 2022 dengan total hadiah Rp100 juta.

Kompetisi video kreatif ini mengambil tema “Tingkatkan Literasi Keuangan Untuk Mendukung Perekonomian Indonesia Dalam Rangka Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19”.

Menurut Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar literasi keuangan dengan kemasan yang ringan dan edukatif.

Selain itu, melalui CreaVid, para insan kreatif dapat menyalurkan ide dan gagasannya secara positif. Acara yang berlangsung sejak 8 Agustus 2022 ini disambut baik oleh masyarakat, terutama generasi milenial.

Baca Juga: CreaVid Competition Masuk Tahap Penjurian, 404 Video Telah Dikirim Peserta

Hal ini terbukti dari jumlah video kreatif yang diunggah partisipan mencapai lebih dari 400 video. Pengumuman pemenang CreaVid Competition 2022, dihelat secara daring pada Kamis (1/9/2022).

Alexander Wibisono (Deputy GM News & Current Affairs Kompas TV), Yuki Kato (Public Figure), dan Dimas Yuliharto (Sekretaris LPS) ditunjuk menjadi juri dalam kompetisi ini.

Melalui serangkaian penjurian ketat, Nur Akmal Nasrullah dinobatkan sebagai Juara 1 dengan judul video Uangmu, Tanggung Jawabmu. Akmal mengantongi hadiah sebesar Rp45 juta.

Kemudian, Juara 2 dengan hadiah sebesar Rp30 juta, jatuh kepada Abdul Wahid dengan judul Video Anak Muda. Juara 3 diraih Roiyan Cahya melalui video berjudul Sumringah, dengan hadiah sebesar Rp15 juta.

Bermodal kreativitas, para insan kreatif tersebut berhasil mendapatkan hadiah berupa uang tunai dalam nominal yang tidak sedikit. Ada cerita unik di balik kemenangan Akmal dalam kompetisi ini.

Saat dihubungi panitia dan dikabari bahwa ia memenangkan kompetisi CreaVid, Akmal sempat tidak percaya bahkan memarahi panitia melalui telepon. Pasalnya, istri Akmal, sang juara kompetisi ini, pernah menjadi korban phising. Namun, setelah dikonfirmasi, akhirnya panitia berhasil meyakinkan Akmal sebagai peraih hadiah pertama dari LPS.

Selain itu, pengalaman pribadi Akmal malah melahirkan ide utama pembuatan video pendek ini. Kisah Akmal dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk selalu waspada serta meningkatkan literasi keuangan agar tidak mudah terkena modus penipuan.

Baca Juga: LPS dan Kompas Gramedia Tingkatkan Literasi Keuangan Lewat CreaVid Competition

Literasi keuangan atau financial literacy adalah keterampilan, pengetahuan, hingga keyakinan yang mempengaruhi sikap dan perilaku dalam meningkatkan kualitas pengambilan keputusan pengelolaan keuangan demi mencapai kesejahteraan.

Dengan kata lain, literasi keuangan merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dan menerapkan berbagai keterampilan keuangan secara efektif, termasuk manajemen keuangan pribadi, penganggaran, dan investasi.

Sektor keuangan menjadi salah satu sektor yang secara aktif mengembangkan produk dan layanan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya jasa lembaga keuangan yang mengalihkan transaksi secara digital atau online.

Selain makin beragamnya produk dan jasa keuangan, sektor keuangan juga tersebar luas sekaligus menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat.

Kini, masyarakat dapat melakukan berbagai transaksi keuangan, mulai dari pembayaran, transfer uang, hingga pembukaan rekening melalui smartphone. Masyarakat juga bisa menjangkau berbagai produk keuangan seperti investasi, asuransi, hingga deposito tanpa perlu repot keluar rumah.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x