Kompas TV olahraga kompas sport

5 Faktar Menarik Jelang Dinamo Zagreb vs Chelsea: The Blues Samai Rekor Arsenal

Kompas.tv - 6 September 2022, 06:07 WIB
5-faktar-menarik-jelang-dinamo-zagreb-vs-chelsea-the-blues-samai-rekor-arsenal
Skuad Chelsea, (dari kiri) Thiago Silva, Raheem Sterling, dan Marc Cucurella, merayakan kemenangan dalam laga kontra Leicester di pekan ke-4 Liga Inggris 2022 di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (27/8/2022). (Sumber: AP Photo/David Cliff)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

ZAGREB, KOMPAS.TV - Chelsea akan melakoni laga tandang ke markas Dinamo Zagreb dalam laga perdana Grup E Liga Champions 2022-23. Ada 5 fakta menarik dari kedua tim yang patut disimak.

Duel Dinamo Zagreb vs Chelsea sendiri akan berlangsung di Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia pada Selasa (6/9/2022) pukul 23.45 WIB. 

Secara materi pemain dan nama kedua kesebelasan, Chelsea tentu lebih diunggulkan untuk memenangkan laga ini. 

Namun, Dinamo Zagreb memiliki performa yang lebih baik. Klub asal Kroasia itu berhasil membukukan 4 kemenangan beruntun dari 4 laga terakhirnya. 

Sementara Chelsea, hanya meraih 2 kemenangan dan 2 kekalahan dari 4 pertandingan paling anyar. 

Baca Juga: Drawing Liga Champions 2022/2023: Barcelona dan Liverpool Masuk Grup Maut

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel tidak ingin menganggap remeh Dinamo Zagreb. 

Menurut juru taktik asal Jerman, Dinamo Zagreb memiliki mentalitas pemenang dan bisa tampil lepas dengan status kuda hitam. 

"Mereka terbiasa menang, mereka tim pemenang. Itu membentuk mentalitas tertentu. Mereka lolos ke fase grup lewat babak kualifikasi, itu tak pernah mudah," sebut Tuchel, dikutip dari uefa.com. 

"Mereka pantas berada di sini dan saya yakin mereka akan bermain sangat teknis melawan kami. Mereka juga punya para pemain berkualitas. Para penyerang jago menggiring dan memiliki kecepatan."

"Status kuda hitam juga akan mereka gunakan untuk tampil alot dan membuat kami menciut. Ini akan menjadi rencana mereka. Kami mewaspadai itu," sebut Tuchel. 

Baca Juga: Lengkap Sudah! Daftar Tim Liga Champions 2022/23, Malam Ini Drawing Pembagian Grup

Lain itu, status kandang Dinamo Zagreb juga harus menjadi perhatian Chelsea. 

Pasalnya, Modri, julukan Dinamo Zagreb, sudah tidak terkalahkan dalam 19 laga kandang terakhir mereka di lintas kompetisi. Menang 16 kali dan hanya 3 kali imbang. 

Terlepas dari itu, berikut 5 fakta menarik jelang laga Dinamo Zagreb vs Chelsea: 

5 Fakta Duel Dinamo Zagreb vs Chelsea

  1. Ini akan menjadi pertemuan perdana antara kedua tim. Fakta lebih lanjut, Dinamo Zagreb merupakan klub Kroasia pertama yang dihadapi Chelsea dalam sebuah laga kompetitif. 
  2. Chelsea merupakan klub Inggris kesembilan yang pernah dihadapi Dinamo Zagreb dalam kompetisi Eropa. Rekornya, Dinamo Zagreb menang 4 kali dari total 19 kesempatan (4 menang 3 seri 12 kalah). 
  3. Ini merupakan musim kedelapan Dinamo Zagreb mengikuti kompetisi UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions. Tetapi, mereka selalu kandas di babak penyisihan grup dari tujuh kesempatan sebelumnya. 
  4. Chelsea sudah berpartisipasi di Liga Champions sebanyak 19 kali, menyamai sesama klub Inggris Arsenal dan hanya kalah dari Manchester United (24). Hebatnya, The Blues berhasil lolos dari fase grup sebanyak 17 kali. 
  5. Dari total 42 penampilan di UCL, Dinamo Zagreb baru mampu menang 5 kali, bermain imbang 7 kali, dan telah menelan 30 kekalahan. Hanya AEK Athens (7 persen) dan FCSB (10 persen), tim yang memiliki persentase kemenangan lebih buruk dibandingkan Dinamo Zagreb (12 persen). 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x